UMSurabaya Repository

Studi Deskriptif Profesionalisme Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di Smait Al Azhar Brondong Lamongan

Muslim, Nastain (2018) Studi Deskriptif Profesionalisme Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di Smait Al Azhar Brondong Lamongan. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (175kB)
[img] PDF (Bab 1)
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab 2)
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] PDF (Bab 3)
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (82kB)

Abstract

Guru merupakan salah satu komponen manusiawi dalam pelaksanaan pembelajaran yang sangat berperan dalam usaha pembentukan sumber daya manusia. Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui apakah faktor-faktor yang dapat mendukung profesionalitas guru di SMAIT AL Azhar Brondong Lamongan, bagaimana deskripsi profesionalisme guru dalam pelaksanaan pembelajaran dan bagaimana upaya peningkatan profesionalisme guru dalam pelaksanaan pembelajaran Penelitian ini digolongkan pada penelitian kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati, metode pengumpulan datanya menggunakan : metode observasi, dokumentasi dan interview. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis induktif, deskriptif dan content analysis. Hasil penelitian dalam penelitian ini pertama, Faktor-faktor yang dapat mendukung profesionalitas guru di SMAIT Al-Azhar Brondong Lamongan antara lain meningkatkan jenjang pendidikan guru, kesesuaian jurusan pendidikan guru dengan materi yang diajarkan, serta lama men gajar atau pengalaman mengajar guru; kedua, kemampuan profesionalisme guru di SMAIT Al-Azhar Brondong Lamongan yaitu kemampuan dalam menguasai bahan/materi pembelajaran, mengelola program belajar mengajar, mengelola kelas, menggunakan media, menguasai landasan pendidikan, mengelola interaksi belajar mengajar, menilai prestasi belajar mengajar, mengenal fungsi bimbingan dan penyuluhan, mengenal dan menyelenggarakan administrasi sekolah sudah baik.; ketiga, upaya peningkatan profesionalisme guru di SMAIT Al-Azhar Brondong Lamongan dilakukan oleh kepala sekolah dan guru yang bersangkutan itu sendiri. Upaya yang telah dilakukan oleh kepala sekolah antara lain dengan mengadakan rapat, penataran guru kelas, dan mengadakan penegakan disiplin pada tiap guru dan karyawan SMAIT Al-Azhar Brondong Lamongan, mengadakan pertemuan rutin sesama guru bidang studi, dan mengadakan penilaian terhadap diri sendiri

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme guru, pelaksanaan pembelajaran, studi deskriptif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam
Depositing User: Users 840 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2018 08:21
Last Modified: 21 Aug 2018 08:21
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2398

Actions (login required)

View Item View Item