Rohmawati, Indah Hikmatul (2018) Analisis Literasi Sains Pembelajaran Abad XXI pada Matapelajaran Biologi SMA di Gresik. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Bab 1)
Restricted to Registered users only Download (112kB) |
||
PDF (Bab 2)
Restricted to Registered users only Download (219kB) |
||
PDF (Bab 3)
Restricted to Registered users only Download (234kB) |
||
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (436kB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (183kB) |
||
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi sains matapelajaran biologi pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan tingkat literasi sains dari aspek konten, konteks, dan proses pembelajaran biologi SMA dari indikator Programme for International Student Assesmen (PISA) yang meliputi: 1) mengenali permasalahan yang dapat diselidiki secara ilmiah; 2) mengidentifikasi kata kunci untuk memperoleh informasi ilmiah; 3) mengenal fitur penyelidikan ilmiah; 4) mengaplikasikan pengetahuan sains dalam situasi yang diberikan; 5) memprediksikan atau menginterpretasikan fenomena secara ilmiah dan memprediksi perubahan; 6) mengidentifikasi deskripsi, eksplanasi, dan prediksi yang tepat; 7) menafsirkan bukti ilmiah dan membuat serta mengomunikasikan kesimpulan; 8) mengidentifikasi bukti dan alasan dibalik kesimpulan; 9) merefleksikan implikasi sosial dan perkembangan teknologi dan sains. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi dokumen RPP dan wawancara beberapa guru biologi. Subjek penelitian adalah 8 SMA yang berakreditasi A (Negeri dan Swasta) se-Kabupaten Gresik dengan teknik cluster sampling. Objek Penelitian adalah tingkat literasi sains. Simpulan penelitian ini bahwa literasi sains matapelajaran biologi pada subjek penelitian 69,91% masuk kategori sedang. Sekolah sampel sudah memenuhi literasi sains (biologi) pada aspek konteks 79,16% dan aspek proses 75% masuk kategori tinggi. Sedangkan literasi sains yang ditinjau dari aspek konten masih mencapai 65,62% dengan kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Sains, Pembelajaran Abad XXI, Matapelajaran Biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Dyah Ayu Sulistyaningtyas |
Date Deposited: | 24 Sep 2018 03:56 |
Last Modified: | 24 Sep 2018 03:56 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2495 |
Actions (login required)
View Item |