KHOLIQ, ABDUL and Dra. Iis Holisin, M.Pd and Febriana Kristanti, S.Si., M.Si (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GUIDED INQUIRY POKOKBAHASAN GARIS SINGGUNG LINGKARAN PADA SISWA KELAS VIII MTs SYARIF HIDAYATULLAH. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (341kB) | Preview |
|
PDF (Bab 1)
Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
||
PDF (Bab 2)
Restricted to Repository staff only Download (546kB) |
||
PDF (Bab 3)
Restricted to Repository staff only Download (334kB) |
||
PDF (Bab4)
Restricted to Repository staff only Download (380kB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Pembelajaran matematika menggunakan metode konvensional kurang efektif. Pemahaman siswa cepat lupa akibatnya pada pertemuan-pertemuan berikutnya siswa ditanya tidak bisa menjawab. Oleh karena itu diperlukan sebuah model pembelajaran yang membuat siswa aktif. Model pembelajaran kooperatif tipe Guided Inquiry adalah salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarmatematikadan respon siswakelas VIII MTs SyarifHidayatullahsetelahditerapkanmodel pembelajarankooperatiftipeGuided InquirypadapokokbahasanGarisSinggungLingkaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIII MTs Syarif Hidayatulloh tahun ajaran 2014/2015. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, metode observasi, dan metode angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Syarif Hidayatulloh setelah dilakukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Guided Inquiry pada pokok bahasan Garis Singgung Lingkaran mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan ketuntasan hasil tes evaluasi siswa sebesar 21,88%. Peningkatan hasil aktivitas siswa aspek afektif yang mendapat kriteria aktif dan cukup aktif sebesar 3,12%.Peningkatan hasil aktivitas siswa aspek psikomotor yang mendapat kriteria terampil dan cukup terampil sebesar 25%. Selain itu hasil dari angket respon siswa sebesar84,38% siswadikategorikansangat setuju dan setujuterhadap model pembelajarankooperatfiftipeGuided Inquiry. Kata Kunci: guided inquiry, hasil belajar, kooperatif
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 320 not found. |
Date Deposited: | 08 Nov 2017 02:04 |
Last Modified: | 08 Nov 2017 02:04 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/255 |
Actions (login required)
View Item |