UMSurabaya Repository

ANALISIS PENERAPAN HYPNOTEACHING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Islami, Alviani Nurul (2019) ANALISIS PENERAPAN HYPNOTEACHING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (2MB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswadalam pembelajaran matematika dengan penerapan hypnoteachingpada materi himpunan pada siswa kelas VII A di SMP Muhammadiyah 9 Surabaya.Subyek penelitian ini dipilih berdasarkan rekomendasi dari guru, yaitu siswa yang memiliki cara berkomunikasi yang baik dan dari hasil ulangan harian (UH)1 pada materi sebelumnya. Subjek penelitian terdiri dari enam siswa yaitu dua siswa dengan nilai tinggi, dua siswa dengan nilai sedang, dan dua siswa dengan nilai rendah. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.Instrumen yang digunakan adalah soal tes tulis, lembar observasi sikap positif siswa, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, dan lembar observasi psikomotor siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa pada ranah kognitif, empat subjek memperoleh nilai tes lebih dari KKM yaitu dua subjek dengan nilai tinggi, satu subjek dengan nilai sedang dan satu subjek dengan nilai rendah. Dua siswa lainnya memperoleh nilai tes kurang dari KKM yaitu satu subjek dengan perolehan nilai sedang dan satu subjek dengan perolehan nilai rendah; (2)hasil belajar siswa pada ranah afektif, tiga siswa memiliki sikap positif pada tingkatan tinggi yaitu dua siswa dari subjek dengan nilai tinggi dan satu siswa dari subjek dengan nilai sedang. Sedangkan tiga siswa lainnya memiliki sikap positif pada tingkatan sedang yaitu satu siswa dari subjek dengan nilai sedang dan dua siswa dari subjek dengan nilai rendah;(3) hasil belajar siswa pada ranah psikomotor, seluruh subjek memiliki keterampilan psikomotor pada tingkatan tinggi; dan (4) rata-rata dari keterlaksanaan pembelajaran matematika dengan penerapan hypnoteachingpada materi himpunan termasuk kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, penerapan hypnoteaching
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: b b putri
Date Deposited: 07 Aug 2019 03:07
Last Modified: 07 Aug 2019 03:07
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3291

Actions (login required)

View Item View Item