UMSurabaya Repository

UPAYA PENINGKATAN PERMAINAN DRAMA PADA PRODI PBSI MELALUI LESSON STUDY DENGAN METODE BRAINSTORMING PADA MATA KULIAH PENYUTRADARAAN DAN PEMENTASAN

Pudyastuti, Maria Endang and Sujinah, Sujinah and Hermoyo, R. Panji and Ngatma'in, Ngatma'in and Mubarok, Insani Wahyu (2015) UPAYA PENINGKATAN PERMAINAN DRAMA PADA PRODI PBSI MELALUI LESSON STUDY DENGAN METODE BRAINSTORMING PADA MATA KULIAH PENYUTRADARAAN DAN PEMENTASAN. Didaktis Jurnal Pendidikan, 15 (3). pp. 1-16. ISSN 14125889

[img]
Preview
PDF (Artikel)
Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Hasil Cek Plagiasi)
Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Peer Review)
Download (481kB) | Preview

Abstract

Latar belakang diadakan Lesson study (LS) karena adanya keinginan agar para pendidik bisa inovatif dalam menyelesaikan masalah di kelas, dengan cara berkolaborasi dengan teman sejawat agar bisa saling mengisi, saling memperbarui ilmunya. Dalam pertemuan tersebut merupakan suatu kegiatan untuk menyelesaikan masalah dalam tugas memberi kuliah. Berdasarkan UU no14 tahun 2005 tentang guru dan dosen PP 20, 32, 34 menyatakan bahwa guru dan dosen hendaknya mendapatkan peningkatan kemampuan dalam paedagogik, kepribadian, hubungan masyarakat, dan profesional oleh karena itu sangatlah positif atas diselenggarakan Lesson Study. Dari temuan dalam pelaksanaan Lesson Study ternyata memberi kuliah itu hendaknya diawali dari pemahaman skemata mahasiswa dulu supaya efektif dalam memberi kuliah. Selain tersebut di atas mahasiswa ada yang belum bisa belajar mandiri. Maksudnya mau belajar jika dikondisikan oleh dosen. Temuan berikutnya pada pelaksanaan kegiatan Lesson Study dosen menyiapkan perangkat sangat lengkap mulai dari RPP, deskripsi materi, media, rubrik, LKM dan penguasaan materi sangat positif. Pengelolaan kelas dan penggunaan IT sangat positif. Tentu saja dengan pemilihan metode brainstorming sangatlah tepat untuk memberi mata kuliah penyutradaraan dan pementasan. Sesudah melaksanakan Lesson Study dosen sudah mendapatkan masukan dari pakar /teman sejawat (dianggap pakar karena LS dilaksanakan di kampus) mendapatkan gambaran mahasiswa mampu mengusai materi yang diberikan dosen dengan metode Brainstorming nampak bisa menyerap mata kuliah penyutradaraan dan pementasan terbukti mahasiswa makin peka perasaannya dan makin muda berekspresi dalam bermain drama secara total. Setiap siklus dilaksanakan mahasiswa makin kuat dalam penguasaan karakter tokoh yang dibawakan. Setiap tugas dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab sehingga latihan out door maupun in door berjalan lancar, team work berjalan lancar seolah-olah mengalami terapi jiwa. Yang jelas karakter mulai membaik. Paling tidak ada harapan baik bagi dunia pendidikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: lesson study, brainstorming, penyutradaraan dan pementasan
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: NGATMA'IN NGATMA'IN NGATMA'IN
Date Deposited: 15 Apr 2019 03:47
Last Modified: 30 Jul 2019 06:58
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3302

Actions (login required)

View Item View Item