Syahrir, Irwan and Panggayudi, Dwi Songgo
(2014)
ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI NON
EUCLID PADA MAHASISWA SEMESTER VI PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA.
Other.
Universitas Muhammadiyah Surabaya.
(Unpublished)
Abstract
Secara garis besar geometri terbagi menjadi dua yaitu geometri Euclid dan Geometri Non
Euclid. Geometri non Euclid muncul dari ketidak setujuan dari tokoh. Matematikawan
tersebut diantaranya Proclus (410-485) dari Alekxandria, Girolamo Sacceri (1607-1733)
dari Irlandia, Karl Friedrich Gauss (1777-1855) dari Jerman, Wolfgang Bolyai (1775-1856),
Yanos Bolyai (1802-1860) dari Hongaria, dan Ivanoviteh Lobachevsky (1793-1856) dari
Rusia. Selanjutnya pada tahun 1854 ahli matematika terkenal dari Jerman B. Riemann (1826
– 1866) memperkenalkan suatu teori baru non-Euclides. Dalam kenyataanya Mahasiswa
mengalami kesusahan dalam menghadapi Soal geometri Non Euclid. Salah satu alat ukur
untuk mengetahui pemahaman Mahasiswa dalam materi Geometri non Euclid dengan soal
Tes. Sebagai bahan evaluasi dan pengembangan pembelajaran Geometri, maka perlu
dilakukan analisa pemahaman terhadap geometri, salah satunya dengan menganalisa
kesalahan mahasiswa dalam mengerjakan soal geometri non Euclid. Penelitian ini dirancang
untuk mengetahui dan menganalisa kesalahan mahasiswa dalam mengerjakan soal geometri
non Euclid. Melalui penelitian ini diharapakan dapat memberi manfaat terhadap transformasi
ilmu geometri non Euclid selanjutnya, mengingat belum pernah ada penelitian sebelumnya
terhadap kesalahan mahasiswa dalam mengerjakan soal geometri non Euclid.
Kata Kunci: Geometri Euclid, Geometri non Euclid, Kesalahan dalam Mengerjakan Soal
Actions (login required)
|
View Item |