Fitriyah, Shoimatul (2017) Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kategori Watson dalam Menyelesaikan Soal-Soal Garis Singgung Lingkaran Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (597kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (343kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (645kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (299kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (914kB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (257kB) |
||
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (697kB) |
Abstract
Hasil diskusi peneliti dengan guru bidang studi matematika kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surabaya pada tanggal 24 Januari 2017, menyimpulkan bahwa terdapat beberapa siswa yang memiliki kemampuan menyelesaikan soal- soal matematika dibawah rata-rata. Kesulitan yang dialami siswa memumgkinkan siswa melakukan kesalahan. Peneliti fokus meneliti kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal garis singgung lingkaran dengan teori Watson. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surabaya dalam menyelesaikan soal-soal garis singgung lingkaran berdasarkan Teori Watson dan untuk mengetahui penyebabnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan wawancara. Subjek penelitian ini siswa kelas VIII D SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. Subjek penelitian sebanyak 3 orang mewakili siswa yang mendapat nilai tertinggi , nilai sedang dan dan nilai terendah. Data hasil penelitian dianalisis dengan 3 tahap, yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan subjek pertama melakukan kesalahan data tidak tepat dan data hilang. Subjek kedua melakukan kesalahan data tidak tepat, prosedur tidak tepat dan data hilang. Subjek ketiga melakukan kesalahan data tidak tepat, data hilang, kesimpulan hilang, manipulasi tidak langsung dan kesalahan lain yang tidak termasuk kategori Watson. Faktor Penyebab siswa melakukan kesalahan antara lain kurang teliti, kurang fokus, buru-buru, kurang pemahaman konsep, lupa dan malas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis kesalahan, garis singgung lingkaran, teori watson |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dyah Ayu Sulistyaningtyas |
Date Deposited: | 20 Aug 2019 08:40 |
Last Modified: | 20 Aug 2019 08:40 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3558 |
Actions (login required)
View Item |