UMSurabaya Repository

Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Game Interaktif Dengan menggunakan Adobe Flash CS3 Pada Materi Pokok Trigonometri Kelas X SMKN 10 Surabaya

Wulandari, Siti (2017) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Game Interaktif Dengan menggunakan Adobe Flash CS3 Pada Materi Pokok Trigonometri Kelas X SMKN 10 Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (625kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis game interaktif aplikasi Adobe Flash CS3 yang valid, praktis, layak dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengacu model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X SMKN 10 Surabaya. Data yang diperoleh penelitian ini adalah (1) validasi ahli media, (2) validasi ahli materi (3) evaluasi guru, (4) angket respon siswa dan (6) ketuntasan hasil belajar siswa. Hasil validasi ahli media menunjukan media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid karena nilai rata-rata aspek 82,6% dalam kategori (Sangat Baik) dan validasi ahli materi juga dinyatakan valid dengan nilai rata-rata aspek 82,9% dalam kategori (sangat baik). Dinyatakan praktis Ahli media dengan memberi kategori ( layak untuk uji coba lapangan dengan revisi sesuai saran) dan Ahli materi memberikan kategori (Layak untuk uji coba tanpa revisi) serta dari aktivitas guru dan siswa dalam kategori (sangat baik). Dinyatakan layak pakai dari ketiga Guru dengan nilai total 81% (baik) serta angket respon siswa uji coba kelompok besar dengan rata-rata 3.3 (sangat baik). Siswa memberikan respon sangat baik sebanyak 56.67% dan 43.33% memberikan respon baik serta 90% siswa di kelas sudah memenuhi KKM. Sehingga dinyatakan efektif karena media sudah dikatakan valid, praktis, layak dan 90% siswa tuntas belajar di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ADDIE, game interaktif , trigonometri
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
Date Deposited: 20 Aug 2019 09:17
Last Modified: 20 Aug 2019 09:17
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3559

Actions (login required)

View Item View Item