UMSurabaya Repository

ANALISIS KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK TUNAS HARAPAN BANGSA SURABAYA

ASIH, ASIH (2019) ANALISIS KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK TUNAS HARAPAN BANGSA SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (276kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (88kB)

Abstract

Perkembangan berbicara di Taman Kanak-Kanak Tunas Harapan Bangsa masih belum berkembang karena anak-anak di kelompok A masih banyak yang belum mampu berbicara dengan lancar sehingga peneliti mengamati permasalahan dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini umur 4-5 tahun. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan analisis kemampuan berbicara dan hasil perkembangan berbahasa anak usia dini umur 4-5 tahun di TK Tunas Harapan Bangsa Kecamatan Semampir Kota Surabaya. Jenis penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan format deskriptif berupa kata-kata tertulis atau uraian dari orang-orang dan pelaku yang dapat diamati. Subjek yang diambil sebagai sampel 20 anak Kelompok A Usia 4-5 Tahun di TK Tunas Harapan Bangsa Kecamatan Semampir Kota Surabaya. Berdasarkan observasi data dan hasil penelitian analisis kemampuan berbicara dalam mengembangkan bahasa anak di TK Tunas Harapan Bangsa Surabaya sudah berkembang cukup baik dimana dari 20 siswa yang diobservasi kemampuan berbicara hasilnya 8 anak sudah berkembang sesuai harapan, 7 anak sudah mulai berkembang dan hanya 5 anak yang belum berkembang dalam kemampuan berbicara. Hasil observasi penilaian perkembangan berbahasa anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Harapan Bangsa Surabaya terlihat bahwa masih ada anak didik yang belum mampu menunjukkan perkembangan berbahasa dengan baik dalam kemampuan berbicara yang dimiki anak didik yaitu kemampuan kelancaran berbicara, kemampuan berbicara menggunakan artikulasi dengan jelas dan mampu berbicara menggunakan kalimat dengan lengkap saat proses kegiatan belajar berbahasa. Kata kunci: kemampuan, perkembangan berbahasa, anak usia dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kemampuan, perkembangan berbahasa, anak usia dini.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 840 not found.
Date Deposited: 22 Oct 2019 08:50
Last Modified: 22 Oct 2019 08:50
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3773

Actions (login required)

View Item View Item