UMSurabaya Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Poe (Predict Observe Explain) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem di MA Muhammadiyah 09 Lamongan

Shoima, Nur (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Poe (Predict Observe Explain) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem di MA Muhammadiyah 09 Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (413kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Sejauh ini proses pembelajaran di sekolah belum optimal dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis, aktivitas belajar, mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe POE (Predict-Observe- Explain). Jenis penelitian adalah penelitian pre-eksperimen, dengan rancangan penelitian menggunakan desain One Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X IPA MA Muhammadiyah 09 Lamongan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes tulis. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan statistik uji-T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe POE (Predict-Observe-Explain) terhadap kemampuan berpikir kritis dengan rata-rata 68,04% dalam kategori kritis, dan terhadap aktivitas belajar kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 86,04%. Keterlaksanaan pembelajaran model kooperatif tipe POE (Predict-Observe- Explain) dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe POE (Predict-Observe-Explain),Kemampuan Berpikir Kritis, Aktivitas belajar
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
Date Deposited: 02 Dec 2019 16:31
Last Modified: 02 Dec 2019 16:31
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3957

Actions (login required)

View Item View Item