UMSurabaya Repository

Stimulasi aspek dan tugas perkembangan remaja melalui terapi Kelompok Terapeutik dan Psikoedukasi keluarga

Hasanah, Uswatun and Arifin, Saiful and ROSSIANA, YVONE and LESTARI, YOULANDA PUTRI Stimulasi aspek dan tugas perkembangan remaja melalui terapi Kelompok Terapeutik dan Psikoedukasi keluarga. Fakultas Ilmu Kesehatan.

[img]
Preview
PDF (Laporan Penelitian)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan pada masa remaja seringkali dihubungkan dengan periode yang penuh dengan tantangan. Oleh sebab remaja dituntut untuk menyelesaikan tugas perkembangan identitas diri agar mampu mencapai kepuasan, kebahagiaan dan memiliki identitas diri yang positif. Tujuan penulisan ini yaitu mrnggambarkan perbandingan peningkatan aspek perkembangan identitas diri remaja yang memperoleh terapi kelompok terapeutik dan remaja yang memperoleh terapi kelompok terapeutik dan psikoedukasi keluarga. Terapi Kelompok Terapeutik merupakan terapi spesialis keperawatan jiwa yang dapat meningkatkan potensi dan mengembangkan kualitas antar anggota kelompok dalam mengatasi masalah kesehatan dalam menstimulasi pencapaian identitas diri remaja. Klien terdiri dari empat remaja dengan rentang usia 13-14 tahun dan mendapatkan terapi kelompok terapeutik. Hasil evaluasi menunjukkan terjadi peningkatan aspek dan tugas perkembangan remaja dengan nilai pencapaian maksimal pada remaja. Proses analisis dilakukan dengan menggunakan pendekatan model stres adaptasi Stuart. Rekomendasi laporan kasus ini dapat dijadikan sebagai standar dalam stimulasi perkembangan dan pencapaian tugas pekembagan identitas diri remaja, dapat disosialisasikan dan dilaksanakan pada tatanan pelayanan kesehatan jiwa komunitas.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Identitas Diri, Remaja, Stres Adaptasi, Stuart
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Laporan Penelitian
Depositing User: DEDE NASRULLAH NASRULLAH
Date Deposited: 02 Sep 2020 06:26
Last Modified: 02 Sep 2020 06:26
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4321

Actions (login required)

View Item View Item