UMSurabaya Repository

PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN DESIGN APLIKASI GAME FLASH CARD TERHADAP PENINGKATAN MEMBACA PADA ANAK RETARDASI MENTAL RINGAN DI SDLB/C ALPHA KUMARA WARDHANI II DAN SDN AIRLANGGA 1 SURABAYA

Gita Marini, S.Kep., Ns., M.Kes PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN DESIGN APLIKASI GAME FLASH CARD TERHADAP PENINGKATAN MEMBACA PADA ANAK RETARDASI MENTAL RINGAN DI SDLB/C ALPHA KUMARA WARDHANI II DAN SDN AIRLANGGA 1 SURABAYA. UM Surabaya. (Unpublished)

[img] Microsoft Word - Other
Download (332kB)

Abstract

Keterbatasan neurologis seperti cacat otak dan kekurangmatangan secara fisik merupakan salah satu yang dapat menyebabkan anak retardasi mental ringan tidak berhasil dalam meningkatkan kemampuan membaca. Hambatan yang dialami anak retardasi mental mengalami kesulitan dalam berbahasa, khususnya pada aspek membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh design Aplikasi Game Flash Card terhadap peningkatan membaca pada anak retardasi mental ringan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Pre-experimental Design dengan menggunakan pendekatan One group pre test-post test design. Populasi dan sampelnya adalah seluruh siswa retardasi mental ringan kelas 1-3 berjumlah 30 anak di SDLB/C Alpha Kumara Wardhana II dan SDN Airlangga 1 Surabaya. Metode sampling menggunakan Non Probability Sampling jenis Total Sampling. Ada variable independent (Pembelajaran menggunakan Game Flash Card) dan variable dependent (Peningkatan Membaca). Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi, kemudian dianalisa menggunakan Wilcoxon Sign Rank Test dengan tingkat signifikan ≤ 0,05. Hasil penelitian menunjukan : terdapat 3 responden (10%) memiliki kategori sangat baik, 18 responden (60%) memiliki kategori baik, 8 responden (26.7 %) memiliki kategori cukup, dan 1 responden (3.3 %) memiliki kategori kurang. Sehingga pada analisa statistic dengan uji Wilcoxon Sign Rank Test menunjukkan p = 0,000 < α (0,05). Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran menggunakan game flash card terhadap peningkatan membaca pada anak retardasi mental ringan. Peneliti berikutnya agar dapat menerapkan inovasi terbaru dalam pembelajaran pada anak retardasi mental ringan dan menganalisis peningkatan membaca. Kata Kunci : Game Flash Card, Membaca, Anak Retardasi Mental

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Laporan Penelitian
Depositing User: SITI AISYAH AISYAH
Date Deposited: 08 Oct 2020 16:02
Last Modified: 08 Oct 2020 16:02
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4486

Actions (login required)

View Item View Item