UMSurabaya Repository

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI (NABI & RASUL) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III DI SD MUHAMMADIYAH MANYAR GRESIK

NAZARUDIN, ACHMAD (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI (NABI & RASUL) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III DI SD MUHAMMADIYAH MANYAR GRESIK. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (214kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Proses belajar dan mengajar saling berkaitan antara pendidik dan peserta didik, oleh karena itu semua metode harus diterapkan oleh guru untuk menyesuaikan mana yang relevan dengan peserta didik ataukah tidak. Siswa di zaman milenial ini inginnya yang serba instan, maka saat pembelajaranpun ketika menggunakan metode ceramah saja, siswa akan cepat bosan dan akibatnya materi tidak bisa terserap dan proses belajar mengajar tidak akan tuntas. Penelitian ini bertujuan memberikan stimulus agar peserta didik menjadi semangat dan bergairah kembali, maka peneliti membuat penelitian tentang pengembangan media pembelajaran yang ringkas, sederhana namun materinya sudah tercakup di dalam media tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan harapan akan memberikan perubahan di dalam proses belajar mengajar. Di dalam penelitian dan pengembangan (R&D) ini akan muncul alat atau media yang berbentuk flashcard yang akan diberi nama “Muslim Cards 25 Prophets in Islam”. Hasil temuan dari penelitian ini ada tiga, 1) Pembelajaran di SD Muhammadiyah Manyar materi nabi dan rasul masih menggunkan metode ceramah, search information, dan presentasi sehingga peserta didik menjadi cepat bosan dan semangat belajar menjadi turun. 2) Dengan menggunakan media “Muslim Cards 25 Prophets in Islam” pada materi nabi dan rasul membuat motivasi belajar meningkat dari sebelumnya, bisa membuat peserta didik tidak terasa kalau sedang belajar. 3) Pembelajaran dengan menggunakan media flashcard mendapatkan hasil saat post-test II dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa materi nabi dan rasul kelas III Zaitun SD Muhammadiyah Manyar mengalami peningkatan dari hasil awal Post-test I hanya 6 siswa (21,4%) yang mencapai KKM. Kemudian pada post-test II meningkat menjadi 19 orang (67,9%) yang mencapai nilai KKM yaitu 75. Sedangkan rata-rata kelas yang semula 51,2% menjadi 75%. Itu menunjukkan ada kenaikan antara penggunaan media flashcard dengan yang pembelajaran seperti biasa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Nabi dan Rasul, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam
Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
Date Deposited: 13 Oct 2020 12:31
Last Modified: 13 Oct 2020 12:31
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4633

Actions (login required)

View Item View Item