UMSurabaya Repository

KONSEP PENDIDIKAN TAUHID MENURUT SYEIKH ABDURRAHMAN BIN NȂSIR AL-SA’DI TELA’AH KITAB TAISȊR AL-KARȊMAL-RAHMȂN FI TAFSȊR KALȂMI AL-MANNȂN (Studi Analisis Deskriptif)

YAQIN, NURUL (2020) KONSEP PENDIDIKAN TAUHID MENURUT SYEIKH ABDURRAHMAN BIN NȂSIR AL-SA’DI TELA’AH KITAB TAISȊR AL-KARȊMAL-RAHMȂN FI TAFSȊR KALȂMI AL-MANNȂN (Studi Analisis Deskriptif). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (838kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (942kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (574kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (871kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (120kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1)Bagaimana pemahamansyekh Abdurrahman bin Nȃsir al-Sa’di terhadap ayat-ayat Tauhid dalam kitab Taisȋr al-karȋm al-Rahmȃn fi tafsȋr kalȃmi al-Mannȃn?.2). Bagaimana konsep pendidikan tauhid menurut syekh Abdurrahman bin Nȃsir al-Sa’di dalam kitab Taisȋr al-karȋm al-Rahmȃn fi tafsȋr kalȃmi al-Mannȃn?. 3). Bagaimana relevansi konsep pendidikan tauhid menurut syekh Abdurrahman bin Nȃsir al-Sa’di di wilayah Indonesia? Metode penelitian tesis ini menggunakan penelaahan kepustakaan. Teknik pengumpulan datanya melalui proses organizing and selection. Di mana data-data diorganisasi dan dikelola secara selektif sesuai katergorisasi berdasarkan content analisis (analisis isi). Kemudian data tersebut dikelola secara apa adanya dengan metode maudhu’i. Hasil penelitian penulis dapatdisimpulkan bahwa Syeikh al-Sa’di menyakini: Tauhid para rasul adalah penetapan keesaan Allah pada nama-nama, sifat-sifat, perbuatan-perbuatan dan hak-hakNya. Inilah tauhid berdasarkan wahyu. Dan Konsep pendidikannya adalah menentapkan bahwa Nabi Muhammad adalah pendidik, teladan sukses dan terbaik di semua zaman.Tujuan pendidikan adalah merealisasikan penghambaan hanya kepada Allah sebagai mana tujuan manusia diciptakan.Metode pembelajaran yang digunakan dalam menyampaikan pendidikan tauhid adalah metode keteladanan, olah jiwa, olah pikir dan pembiasaan amal shalih.Adapun Relevansi konsep pendidikannya di Indonesia sebagai berikut: a. Pendidikan tauhid bertujuan membangun manusia seutuhnya lahir dan batin. Ini juga inti tujuan pendidikan secara umum di Indonesia, b. Pendidikan tauhid bercita-cita memakmurnkan wilayah agar Allah membuka berkahNya dari langit dan bumi. Inijuga sebagai cita-cita bangsa Indonesia,c. Pendidikan tauhid membentuk mental dan karakter sehat sejak dini berorentasi mencari ridho Allah dalam semua lapangan kehidupan. Dan ini adalah terapan dan harapan bangsa Indonesia secara umum.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Konsep, Pendidikan, Tauhid, Tafsir Taisȋrdan Indonesia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam
Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
Date Deposited: 15 Oct 2020 13:50
Last Modified: 15 Oct 2020 13:50
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4657

Actions (login required)

View Item View Item