Muasshomah, Mas (2018) Implementasi Strategi Student Fasilitator And Explaining Dalam Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 35 Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (2MB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Strategi pembelajaran yang dituntut saat ini adalah strategi pembelajaran yang berpusat pada aktivitas peserta didik, dalam suasana yang demokratis, adil, manusiawi, memberdayakan, menyenangkan, menggairahkan, mengembirakan, merangsang timbulnya inspirasi, imajinasi, kreasi, inovasi dan semangat hidup. Ketika peserta didik pasif, maka da kecenderungan untuk cepat melakukan apa yang diberikan oleh pendidik dalam pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan perangsang dan perangkat tertentu untuk dapat mengikat informasi yang baru saja diberikan. Dari latar belakang diatas penulis ingin melakukan penelitian Implementasi Strategi Student Fasilitator And Explaining Dalam Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 35 Surabaya. Dengan tujuan masalah yang diangkat meliputi : Bagaimanakah kondisi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 35 Surabaya?, Bagaimanakah implementasi strategi Student Facilitator And Explaining dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 35 Surabaya?, Apa saja hambatan dan solusi implementasi strategi Student Facilitator And Explaining dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 35 Surabaya? Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau PTK dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah Pemahaman siswa yang dinilai melalui postest meningkat menjadi 90% melebihi standar yang telah ditetapkan sebelumnya yaitu 80%, Keaktifan siswa mengalami peningkatan hingga mencapai 70%, berarti lebih dari setengah jumlah siswa di kelas telah berani untukmengeluarkan pendapat atau ide, bertanya pada peneliti, dan meningkatya ketertarikan dalam mengikuti pembelajaran di kelas sehingga sebagian besar siswa mampu meminimalisir perasaan takut ataupun malu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Student Fasilitator And Explaining, pengembangan pembelajaran |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dyah Ayu Sulistyaningtyas |
Date Deposited: | 16 Oct 2020 10:50 |
Last Modified: | 16 Oct 2020 10:50 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4675 |
Actions (login required)
View Item |