Rohmah, Lina Nur Hidayahtur (2020) Pengaruh Pendidikan Kesehatan (Health Promotion) Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) Terhadap Perilaku (Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan) SADARI Siswi Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Ar-Raudlatul Ilmiyah Kertosono Dalam Upaya Deteksi Dini Kanker Payudara. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (2MB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (40kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
PDF (Bab 6)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
PDF (Bab 7)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Latar Belakang : Perilaku SADARI pada remaja untuk deteksi dini kanker payudara masih sangat rendah. Padahal perilaku tersebut sangat penting untuk deteksi dini pasien kanker payudara, oleh karena saat ini kanker payudara tidak hanya menyerang perempuan usia > 30 tahun, tetapi juga menyerang perempuan usia muda bahkan remaja. SADARI atau pemeriksaan payudara sendiri merupakan cara deteksi dini yang murah dan mudah untuk dilakukan. Di Indonesia, kejadian kanker payudara terus meningkat. Peningkatan angka kematian akibat kanker payudara tidak lepas oleh karena kurangnya kesadaran perilaku SADARI sehingga lebih dari 80% kasus ditemukan dalam keadaan stadium lanjut. Pendidikan kesehatan SADARI merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perilaku SADARI yang didalamnya meliputi pengetahuan, sikap, dan tindakan. Dengan terbentuknya perilaku SADARI ini apabila ditemukan kelainan atau perubahan pada payudara dapat segera diperiksakan kepada petugas kesehatan. Selain itu, dengan SADARI pasien dapat segera mendapatkan terapi dan dalam jangka panjang dapat menekan angka mortalitas kanker payudara. Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap perilaku (pengetahuan, sikap, dan tindakan) SADARI siswi Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Ar-Raudlatul Ilmiyah Kertosono. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian true experimental dengan desain the postest-only control group design. Rancangan penelitian eksperimen ini menggunakan asumsi bahwa semua karakteristik antara unit populasi adalah sama sehingga pengukuran awal tidak perlu dilakukan. Pengukuran hanya dilakukan pada akhir perlakuan (posttest) saja. Hasil : Uji independent T test didapatkan nilai signifikansi (p < 0.05) dari masing-masing domain yaitu sebesar 0.00 pada domain pengetahuan, 0.00 pada domain sikap, 0.03 pada domain tindakan, dan 0.00 pada skor total perilaku. Kesimpulan : Terdapat pengaruh yang signifikan dari pendidikan kesehatan SADARI terhadap perilaku, pengetahuan, sikap, dan tindakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Kesehatan, SADARI, Pengetahuan, Sikap, Tindakan |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | 05. Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter |
Depositing User: | Dyah Ayu Sulistyaningtyas |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 14:04 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 14:04 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4702 |
Actions (login required)
View Item |