UMSurabaya Repository

METODE TAJDIED DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI ANAK DIDIK DIBIDANG BACA ALQUR’AN DI SD MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA

TIRTANANG, M. WASYIB (2019) METODE TAJDIED DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI ANAK DIDIK DIBIDANG BACA ALQUR’AN DI SD MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (780kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (124kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (521kB)

Abstract

Mengembangkan potensi anak dalam bidang baca Al-Qur’an membutuhkan suatu proses pembelajaran secara efektif dan berkala dalam artiannya adalah mengembangkan potensi anak dalam membaca Al- Qur’an tidaklah mudah membutuhkan pengamatan dan pembelajaran yang intensif, dikatakan intensifkarena mebaca Al-Qur’an tidaklah hanya sekedar membaca saja, melainkan benar tidaknya suatu bacaan yang dibaca itu sangatlah mempengaruhi, dan juga metode sangatlah berpengaruh besar dalam mengembangkanpotensianakdidikdibidangbaca Al-Qur’an dengan demikian belajar Al-Qur’an tidaklah semudah membaikkan telapak tangan yang membutuhkan sebuah proses. Penelitian ini bertujian; Pertama, untuk mengetahui metode tajdied yang digunakan SD Muhammadiyah 10 Surabaya.Dan yang kedua, Untuk mengetahui minat baca Al-Qur’an siswa di SD Muhammadiyah 10 Surabaya.danUntuk mengetahui peningkatan minat baca Al-Qur’an dengan metode tajdied di SD Muhammadiyah 10 Surabaya. Metode penelitian ini bersifat kuantitatif dengan Populasi sebanyak 272 siswa dan sampel sebanyak 200 siswa yang diambil menggunakan teknik penarikan sampel terlapis (Stratified Random Sampling). Metode pengumpulan data berupa angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan analisi regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam mengembangkan poteni anak didik khususnya di dalam bidang baca Al-Qur’an melaui metode tajdied ini sudah sangatlah banyak perkembangan dalam hal ini membaca Al-Qur’an, melalui metode metode yang diterapkan di dalam metode tajdied ini adalah metode Metode tajdied menggabungkan metode SAS murni (Struktural Analitik Sintetik) dan metode Mnemoric dalam bentuk kata kunci yang dikemas dalam lima kalimat sederhana. Kelima kata kunci tersebut jika dihubungkan akan menjadi sebuah rangkaian yang mudah diingat. Ditambah dengan metode pembelajaran yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode tajdied, Potensi anak didik, Al-Qur’an
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam
Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
Date Deposited: 23 Oct 2020 10:42
Last Modified: 23 Oct 2020 10:42
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4742

Actions (login required)

View Item View Item