SHOHIB, SHOHIB (2018) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PROSESPEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MANARUL QURAN PACIRAN LAMONGAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (951kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (132kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (280kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (95kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (202kB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (13kB) |
Abstract
Lembaga pendidikan, khususnya sekolah dipandang sebagai tempat yang strategis untuk membentuk karakter, untukitupenelitiansangatpentingdilakukan. Rumusanmasalahdalampenelitianini, pertama, bagaimana penerapan pendidikan karakter melalui strategi mengajar guru pendidikan agama Islam di SMP Manarul Quran PaciranLamongan?,kedua apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan pendidikan karakter melalui strategi mengajar guru pendidikan agama Islam di SMP Manarul Quran PaciranLamongan? Metode penelitian ini dapat dideskripsikan:Jenis penelitiannya bersifat kualitatif, objek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, beberapa guru PAI, dan sudah barang tentu siswa; metode pengumpulan datanya : observasi, interview, dan dokumentasi, sedang analisis datanya dengan menggunakan deskriptif kualitatif Temuan penelitian dalam tesis ini dapat disimpulkan : Pertama : Proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Manarul Quran PaciranLamongan berjalan sesuai dengan prosedur yang ada, artinya guru bisa menerapkan pendidikan karakter dengan menggunakan metode dan sarana yang ada. Strategi diwujudkan melalui pembelajaran kontektual dengan penilaian berbasis kelas disertai dengan program remidi dan pengayaan. Strategi pelaksanaan pendidikan karakter di SMP Manarul Quran Paciran Lamongan melalui kegiatan pembelajaran, pengembangan budaya sekolah dan pusat kegiatan belajar.; Kedua : a) Faktor penghambatnya antara lain : terbatasnya waktu yang ada, penggunaan metode yang dapat diterima siswa, kurangnya sebagian minat siswa, kurang adanya keseimbangan antara lingkungan sekolah, dan kurang kreatifnya sebagian guru dalam penggunaan metode pembelajaran; b) Faktor pendukungnya antara lain : guru menggunakan metode yang dapat diterima oleh siswa, adanya sarana dan prasarana yang menunjang pembelajaran, diadakannya bimbingan bagi semua guru dengan tujuan agar guru bisa menerapkan perangkat pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan karakter, proses pembelajaran, penerapan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam |
Depositing User: | Hananto Bayu Susetyo |
Date Deposited: | 09 Nov 2020 10:15 |
Last Modified: | 09 Nov 2020 10:15 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4830 |
Actions (login required)
View Item |