MAHMUD, M.MUZAYYIN (2019) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AL-ISLAM DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA 1 DAN 2 DI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (429kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (246kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (282kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (162kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only Download (449kB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only Download (277kB) |
Abstract
M. Muzayyin Mahmud. Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Al-Islam Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas XI MIPA 1 Dan 2 di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Tesis. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang imlementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran pendidikan al-islam dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menganalisa bagaimana proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisa data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran pendidikan al-islam dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa menunjukkan bahwa guru sudah melaksanakan proses pembelajaran melalui langkah-lagkah pembelajaran dengan pendekatan saintifik. 2) Hasil implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran pendidikan al-islam dapat membuat peserta didik lebih aktif dan kreatif dalam mengikuti pembelajaran pendidikan al-islam, rasa ingin tahunya lebih berkembang, aktif, berpusat pada peserta didik, dan dapat mengembangkan kemampuan berkomunikasi. 3). Faktor pendukung dan penghambat implementasi pendekatan saintifik ini bahwa pihak sekolah sangat mendukung, mengamini dengan adanya implementasi pendekatan saintifik dukungan itu seperti sarana dan prasarana yang sangat memadai, penghambatnya bahwa potensi peserta didik yang berbeda-beda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Saintifik, Pada Pelajaran Al-Islam. Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam |
Depositing User: | Hananto Bayu Susetyo |
Date Deposited: | 07 Jun 2021 10:21 |
Last Modified: | 07 Jun 2021 10:21 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5269 |
Actions (login required)
View Item |