Sa’adah, Aflah Yusri (2020) Gambaran Perilaku Caring Mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Ners 2019 Universitas Muhammadiyah Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (2MB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Caring perawat dapat ditunjukkan melalui sikap, dan cara berkomunikasi terhadap pasien dan keluargnya. Perawat harus berhati-hati dalam berkomunikasi terhadap pasien dan keluarga karena memiliki karakter berbeda-beda dalam menghadapi permasalahan dan membangun rasa nyaman, aman dan percaya kepada keluarga demi berlangsungnya komunikasi yang efektif. Factor pembentuk caring terdiri dari faktor individu, psikologi, dan organisasi. Pada studi pendahuluan melalui kuisioner peneliti menemukan terdapat 2 mahasiswa yang memiliki caring rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku caring pada mahasiswa program studi pendidikan profesi ners 2019 Universitas Muhammadiyah Surabaya. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif menggunakan alat ukur observasi caring CBC (Caring Behavior Checklist) terhadap 2 responden yang memiliki caring rendah pada hasil kuisioner CBI (Caring Behavior Inventory) lalu dianalisa dengan teori caring. Hasil yang didapatkan pada responden 1 dan 2 mempunyai caring sedang dan memiliki kepribadian ekstrovet. Hal ini sejalan dengan penelitian sebelumnya ditemukan bahwa terdapat hubungan antara kepribadian dengan perilaku caring pada mahasiswa. Perilaku caring dapat diperngaruhi dari motivasi dan minat awal masuk keperawatan, kepribadian, motivasi, dan organisasi dilingkungannya. Seluruh responden berada dalam kategori usia produktif dan merupakan sumber daya yang dapat dioptimalkan untuk memberikan asuhan keperawatan khususnya dalam meningkatkm perilaku caring perawat. Oleh karena itu, melalui tes caring, tim akademik institusi pendidikan dapat mengevaluasi perilaku caring mahasiswa. Sehingga tim akademik dapat membuat rencana pendidikan yang efektif dan efisien demi terbentuknya lulusan keperawatan yang memiliki perilaku caring baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | mahasiswa, perilaku caring, pendidikan ners |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | 04. Fakultas Ilmu Kesehatan > Profesi Ners |
Depositing User: | Dyah Ayu Sulistyaningtyas |
Date Deposited: | 01 Sep 2021 13:23 |
Last Modified: | 01 Sep 2021 13:23 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5469 |
Actions (login required)
View Item |