Susanto, Rizaldi Heru (2019) Studi Kasus Pelaksanaan Penerimaan Pasien Baru Menggunakan Welcome Book Di Ruang Ismail Rumah Sakit Siti Khodijah Muhammadiyah Cabang Sepanjang. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
![Pendahuluan [thumbnail of Pendahuluan]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
PENDAHULUAN.pdf
Download (2MB)
![Bab 1 [thumbnail of Bab 1]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB_1.pdf
Download (1MB)
![Bab 2 [thumbnail of Bab 2]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB_2.pdf
Download (1MB)
![Bab 3 [thumbnail of Bab 3]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB_3.pdf
Download (1MB)
![Bab 4 [thumbnail of Bab 4]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![Bab 5 [thumbnail of Bab 5]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB_5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![Lampiran [thumbnail of Lampiran]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
Abstract
Penerimaan pasien baru merupakan bentuk pelayanan keperawatan yang komprehensif melibatkan, klien, keluarga dan perawat, dimana sangat mempengaruhi mutu pelayanan. Penjelasan berbagai hal tentang pelayanan keperawatan di rumah sakit menjadi interaksi awal antara pasien dan perawat yang dapat menumbuhkan hubungan saling percaya yang pada akhirnya dapat mempengaruhi kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengidentifikasi Pelaksanaan Penerimaan Pasien Baru di ruang anak Paviliun Ismail Rumah Sakit Siti Khodijah Sepanjang.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Responden yang terpilih yaitu berjumlah 5 Perawat (Katim) yang melaksanakan penerimaan pasien baru di ruang anak paviliun Ismail Rumah Siti Khodijah Muhammadiyah Cabang Sepanjang. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi peneriman pasien baru sesuai SOP ruangan serta menggunakan welcome book dalam pelaksanaan penerimaan pasien baru.
Hasil penelitian menunjukkan, pada pelaksanaan penerimaan pasien baru yang dilakukan oleh perawat di ruang Ismail Rumah Sakit Siti Khodijah Sepanjang terdapat 3 perawat bernilai cukup (60%), dan 2 perawat lain bernilai baik (40%). Pada pelaksanaan penerimaan pasien baru yang dilakukan oleh perawat dengan menggunakan welcome book di ruang Ismail Rumah Sakit Siti Khodijah Sepanjang terdapat 4 perawat bernilai baik (80%), sisanya 1 perawat bernilai cukup (20%)
Dapat disimpulkan bahwa welcome book dapat menambah pengetahuan serta keterampilan perawat dalam melaksanakan penerimaan pasien baru sesuai SOP. Peneliti selanjutnya diharapkan agar dapat mengembangkan penelitian ini serta mencari faktor kepatuhan terhadap procedure pelaksanaan pasien baru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerimaan Pasien Baru, Welcome Book, Kepuasan Pasien, Perawat |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | 04. Fakultas Ilmu Kesehatan > Profesi Ners |
Depositing User: | Dyah Ayu Sulistyaningtyas |
Date Deposited: | 10 Nov 2021 12:03 |
Last Modified: | 10 Nov 2021 12:03 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5657 |