UMSurabaya Repository

MODEL PEMBELAJARAN KARN SON ISLAM DI RONGRIANPRATHOM KANLAYANACHARANGSAN DI THAILAND.

ROMALEE, ANUWAT (2020) MODEL PEMBELAJARAN KARN SON ISLAM DI RONGRIANPRATHOM KANLAYANACHARANGSAN DI THAILAND. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (123kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

Download (926kB)

Abstract

Pembelajaran dengan sistem Sekolah Islam Terpadu adalah integrasi sistem Pendidikan pesantren dan madrasah yang efektif untuk mendidik kecerdasan, keterampilan, pembangunan karakter dan penanaman nilai-nilai moral peserta didik, sehingga anak didik lebih memiliki kepribadian yang utuh dan khas. SD Kanlayanacharangsan School memiliki visi untuk menanamkan panji-panji cinta terhadap Al-Qur’an dan menanamkan keteladanan Rasullullah selain itu Kanlayanacharangsan School juga berperan dalam Proses Buranakran prathom ton. Proses tersebut tentunya harus melalui berbagai kegiatan pembelajaran dan berbagai pola tersebut perlu dikembangkan dengan pemberian materi yang meliputi berbagai model pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran yang dipahami maka dari itu penulis melakukan penelitian mengenai berbagai model pembelajaran yang diterapkan di SD Kanlayanacharangsan School guna menemukan dan memahami berbagai proses pengembangan karakter untuk meningkatkan kualitas peserta didik yang berkepribadian. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui Model Pembelajaran di Kanlayanacharangsan School. Data yang diperoleh berupa data kualitatif sedangkan sumber diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Teknik keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi melalui pengecekan sumber data dan triangulasi metode, data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan kesimpulan bahwa Tenaga pendidik di SD Kanlayanacharangsan School dalam pelajaran pendidikan agama Islam menerapkan metode yang bervariasi sesuai dengan materi pelajaran yang sedang berlangsung. Model pembelajaran tersebut terdiri dari beberapa strategi pembelajaran diantaranya pembelajaran kooperatif (cooperatif learning), ekspositori, inkuiri, dan konstektual. Metode pembelajaran yang digunakan meliputi ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok dan problem solving.. Penanaman nilai-nilai Al-Qur’an terhadap pengembangan karakter siswa yang terdapat dalam visi dan misi Kanlayanacharangsan School sejalan dengan tujuan dari Proses Buranakran prathom ton yang memfokuskan pada pengembangan kepribadian peserta didik yang bekarakter.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, SD KANLAYACHONRANGSAN, Kooperatif Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
Date Deposited: 09 Dec 2021 12:18
Last Modified: 09 Dec 2021 12:18
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5721

Actions (login required)

View Item View Item