UMSurabaya Repository

Perbedaan Perkembangan Anak Yang Tinggal Di Rumah Susun Dan Non Rumah Susun

Aries Chandra Ananditha , S.Kep., M.Kep and Eni Sumarliyah., S Kep.,Ns.,M Kes and Nuur, Fadilah and Baskara Kusuma, Wijaya (2018) Perbedaan Perkembangan Anak Yang Tinggal Di Rumah Susun Dan Non Rumah Susun. Project Report. umsurabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengantar: Perkembangan merupakan pertumbuhan dan perluasan secara bertahap, mulai dari hal yang sederhana sampai pada hal yang lebih kompleks. Pertumbuhan dasar akan mempengaruhi dan menentukan perkembangan anak selanjutnya. Dalam proses tumbuh kembang anak, lingkungan merupakan faktor yang sangat penting setelah genetik. Tanpa dukungan dari faktor lingkungan, proses pembangunan dalam mewujudkan potensi alam menjadi kemampuan nyata tidak akan terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara faktor lingkungan dengan perkembangan anak prasekolah di rumah susun.Metode: Desain cross sectional digunakan dalam penelitian ini. Lima puluh anak pra-sekolah berpartisipasi. Kuesioner Perkembangan Pra-Skrining digunakan untuk mengukur perkembangan anak. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan perkembangan anak dengan menggunakan kuesioner perkembangan pra skrining (KPSP) menunjukkan bahwa sebagian besar anak mengalami perkembangan yang meragukan (54%), perkembangan yang sesuai (43%), dan perkembangan yang menyimpang (3%). Hasil analisis korelasi Spearman menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara faktor lingkungan dengan perkembangan anak prasekolah di rumah susun (p 0,000). Kesimpulan: ada hubungan antara faktor lingkungan tempat tinggal: rumah susun dengan perkembangan anak. Kata kunci: rusun, pembangunan, KPSP

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: ARIES CHANDRA ANANDITA
Date Deposited: 11 Jan 2022 13:24
Last Modified: 11 Jan 2022 13:24
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5885

Actions (login required)

View Item View Item