UMSurabaya Repository

IDENTIFIKASI MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA MATA KULIAH KEPERAWATAN DASAR 2 DI PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH SURABAYA

Prasetyo, Agus Riyaldi (2021) IDENTIFIKASI MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA MATA KULIAH KEPERAWATAN DASAR 2 DI PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pada setiap tahun pembelajaran dengan metode e-learning diberlakukan, setiap mahasiswa memiliki motivasi belajar yang berbeda-beda sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar. Hasil belajar mata kuliah Keperawatan Dasar 2 (KD 2) di semester 2 pada tahun akademik 2019/2020 yang menggunakan e-learning, masih tergolong rendah dengan nilai rata-rata ujian untuk teori KD 2 yaitu dengan kategori C (Cukup) sedangkan harapan hasil belajar yang diinginkan oleh pendidik dan mahasiswa adalah nilai minimal B (Baik). Untuk memperoleh hasil belajar, dilakukan evaluasi yang merupakan tindak lanjut atau cara untuk mengukur tingkat penguasaan mahasiswa, motivasi sangat diperlukan dalam belajar, hasil belajar akan optimal, kalau ada motivasi. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi motivasi belajar mahasiswa semester II di program studi S1 keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya pada mata kuliah Keperawatan Dasar 2. Desain penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif yang mengambil populasi dari mahasiswa semester II Universitas Muhammadiyah Surabaya sebesar 102, yang menggunakan tehnik total sampling dengan menggunakan instrumen Motivated Strategies for Learning Questionnaire. Dalam penelitian ini diikuti oleh 102 Responden dan diketahui 26 responden berjenis kelamin laki-laki (25,5%), serta 76 responden berjenis kelamin perempuan (74,5%). Motivasi belajar menunjukkan bahwa responden yang mempunyai motivasi rendah dengan persentase 67,6% (69), kemudian responden yang mempunyai motivasi tinggi dengan persentase 32,4% (33). Dalam penelitian ini sebagian besar mahasiswa masih memiliki motivasi rendah dengan tingkat kecemasan yang tinggi sehingga perlu ditingkatkan dengan kerja keras, rasa percaya diri, serta dukungan dari keluarga maupun lingkungan akademik, maka dapat disimpulkan mahasiswa S1 keperawatan Universitas Muhammadiyah Surabaya mempunyai motivasi belajar yang tergolong rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Pembelajaran E-Learning Mahasiswa Semester II
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: 04. Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Ika Budiyanti
Date Deposited: 25 Jan 2022 10:01
Last Modified: 25 Jan 2022 10:01
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5954

Actions (login required)

View Item View Item