UMSurabaya Repository

PENGARUH FAKTOR EKSTERNAL TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK MUSLIMAT AT TAQWA KALANGANYAR KARANGGENENG LAMONGAN

Mahbubah, Wilda Muizzul (2019) PENGARUH FAKTOR EKSTERNAL TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK MUSLIMAT AT TAQWA KALANGANYAR KARANGGENENG LAMONGAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (384kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] PDF (Bab 6)
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Gangguan kemampuan bahasa pada anak pra sekolah masih tinggi, angka kejadiannya berkisar antara 1-32% pada populasi normal.Sedangkan kemampuan bahasa dibutuhkan untuk membangun hubungan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh faktor eksternal terhadap kemampuan bahasa anak usia 4-6 tahun di TK Muslimat At Taqwa Kalanganyar. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dan tehnik sampling purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 50 anak usia 4-6 tahun dari populasi siswa yang berjumlah 55 anak. Analisis statistik menggunakan chi square pada variabel independen berskala nominal dan spearman pada variabel independen berskala ordinal. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar (62%) anak kemampuan bahasanya normal sedangkan hampir setengahnya (34%) kemampuan bahasanya mengalami gangguan. Pada uji statistik nilai p variabel keadaan sosial ekonomi adalah 0,000, nilai p variabel ukuran keluarga adalah 0,01, nilai pvariabel metode pelatihan anak adalah 0,299, Nilai p variabel dorongan / stimulasi adalah 0,000, dan nilai p variabel hubungan dengan teman sebaya adalah 0,002.Dimana p= 0,05. Sehingga ada pengaruh signifikan keadaan sosial ekonomi, ukuran keluargadorongan / stimulasi, hubungan dengan teman sebayaterhadap kemampuan bahasa.dimanap< 0,05. Sedangkan nilaipvariabel metode pelatihan anak > 0,05. Sehingga tidak ada pengaruh signifikan metode pelatihan anak terhadap kemampuan bahasa. Kemampuan bahasa anak dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk faktor eksternal.Faktor yang dominan pada tiap anak berbeda-beda. Pada penelitian di TK Muslimat At Taqwa ini faktor eksternal yang berpengaruh adalah sosial ekonomi keluarga, ukuran keluarga, dorongan / stimulasi, hubungan dengan teman sebaya. Sedangkan faktor metode pelatihan anak tidak berpengaruh.Sehingga untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak perlu mengoptimalkan semua faktor yang berpengaruh tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: faktor eksternal, kemampuan bahasa, pra sekolah
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 04. Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Ika Budiyanti
Date Deposited: 04 Mar 2022 10:28
Last Modified: 04 Mar 2022 10:28
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6123

Actions (login required)

View Item View Item