UMSurabaya Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BILINGUAL MATERI EKOSISTEM YANG BERORIENTASI SCIENTIFIC LEARNING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

Praharsanti, Adilla Yuniar and Dra. Yuni Gayatri, M.Pd and Amiq Fikriyati, M. Pd (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BILINGUAL MATERI EKOSISTEM YANG BERORIENTASI SCIENTIFIC LEARNING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (102kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (32kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (242kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (297kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (977kB)
[img] PDF (Bab 5)
Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa bilingual materi ekosistem berorientasi scientific learning untuk melatihkan KPS yang memiliki kriteria penilaian “baik” dan dikategorikan layak digunakan. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Penelitian pengembangan LKS ini dilakukan di Universitas Muhammadiyah Surabaya dan dilakukan uji coba terbatas pada kelas X Mia 1 di SMA Muhammadiyah 2 Suarabaya. Metode pengembangan pada penelitian ini menggunakan 4-D (Four D Models) meliputi empat tahap yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Penelitian ini hanya sampai pada tahap develop (pengembangan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan telah memenuhi kriteria “sangat baik” sehingga layak digunakan. Hasil ini berdasarkan hasil telaah para ahli dan uji coba terbatas. Berdasarkan hasil validasi kelayakan isi memperoleh skor rata-rata 3,5 (sangat baik) dan kelayakan penyajian memperoleh skor 3,4 (sangat baik). LKS telah memenuhi kriteria scientific learning dengan perolehan skor rata-rata 3,4 (sangat baik). Komponen keterampilan proses sains yang dilatihkan memperoleh skor rata-rata 3,4 (sangat baik). Mengamati memperoleh skor 3,7 (sangat baik). Merumuskan hipotesis 3,2 (sangat baik). Pengukuran 3,1 (sangat baik). Mengklasifikasi 3,4 (sangat baik). Menganalisis data 3,7 (sangat baik). Inferensi 3,2 (sangat baik). Menyimpulkan 3,5 (sangat baik). Mengkomunikasikan 3,5 (sangat baik). Berdasarkan angket respon siswa, menunjukkan siswa merespon positif terhadap LKS yang dikembangkan dengan presentase 96,85%. Kata kunci: Keterampilan Proses Sains, Lembar Kegiatan Siswa, Scientific Learning.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 320 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2017 06:39
Last Modified: 13 Nov 2017 06:39
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/619

Actions (login required)

View Item View Item