UMSurabaya Repository

NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB TA’LIM AL MUTA’ALLIM DAN APLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM

SAFARI, SAFARI (2018) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB TA’LIM AL MUTA’ALLIM DAN APLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate thesis, S1 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.

[img] PDF (PENDAHULUAN)
Download (1MB)
[img] PDF (BAB 1)
Download (576kB)
[img] PDF (BAB 2)
Download (560kB)
[img] PDF (BAB 3)
Download (664kB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only

Download (757kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)

Abstract

Safari 2018. Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Kitab Ta’lim Al Muta’allim Dan aplikasi belajar mengajar dalam pendidikan islam. Jurusan Tarbiyah Pendidikan Agama Islam Fakultas Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter pada Kitab Ta’lim Al-Muta’allim karya al-Zarnuji. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: (1) Apa nilai-nilai pendidikan karakter pada Kitab Ta’lim al- Muta’allim ? (2) Bagaimana konsep aplikasi belajar mengajar menurut Ta’limul Muta’alim dalam pendidikan Islam ? Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research). Sumber data primer adalah Kitab Ta’lim Al-Muta’allim, sumber sekundernya diambil dari buku-buku lain, jurnal, artikel dan lain sebagainya yang bersangkutan dan relevan dengan penelitian. Adapun teknis analisis data menggunakan metode deskriptif analitis dan content analysis.Temuan penelitian ini, menunjukkan bahwa Kitab Ta’lim Al-Muta’allim masih relevan sampai saat ini di dalam dunia pendidikan Islam. Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalamnya antara lain adalah : wara’, tekun, cita-cita luhur, hormad dan hidmad. Nilai-nilai pendidkan karakter tersebut akan sangat membantu di dalam mewujudkan tujuan pendidikan Islam, serta aplikasi belajar mengajar yang terkandung dalam pendidikan Islam. Melihat fenomena pendidikan bangsa Indonesia yang secara budaya semakin tertindas dan terhegemoni oleh Bangsa Barat. Serta kekerasan yang terjadi dalam pendidikan di Indonesia yang ada sekarang ini, seperti maraknya tawuran pelajar, pergaulan bebas, konsumsi dan pengedaran narkoba yang merajalela, maka pemikiran Syekh Az Zarnuji masih sangat relevan untuk dikaji dan dikembangkan, karena pemikiran Syekh Az Zarnuji mencoba menata kembali masalah pendidikan dengan mengembangkan sebuah etika religius dan transendental dalam pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Pendidikan Karakter dan aplikasi belajar mengajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
Date Deposited: 02 Jun 2022 12:39
Last Modified: 02 Jun 2022 12:39
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6221

Actions (login required)

View Item View Item