JIRON, TOHAL AMIN (2019) IMPLEMENTASI MODEL RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI HASIL BELAJAR BIDANG STUDI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (STUDI KASUS DI KELAS XII MA INARATUT THALIBIN PATEREMAN MODUNG BANGKALAN MATERI POKOK DAULAH UMAYYAH II). Masters thesis, S2 PENDIDIKAN ISLAM.
PDF (PENDAHULUAN)
Download (849kB) |
|
PDF (BAB 1)
Download (391kB) |
|
PDF (BAB 2)
Download (577kB) |
|
PDF (BAB 3)
Download (460kB) |
|
PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only Download (969kB) |
|
PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Model pembelajaran yang kini banyak mendapat respon adalah model reciprocal teaching. Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. bagaimana model reciprocal teaching saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. 2. bagaimana aktifitas siswa dan guru selama model reciprocal teaching. 3. bagaimana implementasi reciprocal teaching untuk meningkatkan prestasi hasil belajar bidang studi sejarah kebudayaan Islam materi pokok daulah umayyah II di MA Inaratut Thalibin Modung Bangkalan. Metode dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu suatu studi sistematik terhadap praktik pembelajaran di kelas yang bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas dan prestasi belajar dengan melakukan tindakan tertentu. Dari hasil analisis dan pembahasan, Guru meminta siswa membaca buku tentang untuk mencari ide pokok. Kegiatan belajar mengajar, guru meminta satu wakil dari setiap kelompok untuk menjadi guru. (Siswa guru) mengajukan pertanyaan berdasarkan ide pokok, menjawab pertanyaan. Siswa guru membimbing siswa lainnya memprediksikan paragraf selanjutnya. Siswa guru membimbing siswa lainnya. Pada tahap penutup guru menyimpulkan materi pokok dan materi tugas siswa untuk membaca materi pokok selanjutnya. Aktivitas siswa, pada putaran I, memiliki persentase (6,7%). Putaran II aktivitas semakin baik, (7,2%). Putaran III aktivitas siswa lebih baik dari putaran I dan II, sangat relevan KBM. Aktivitas guru putaran I, memiliki persentase (3,3%) permodelan reciprocal teaching (12,2%). Putaran II dan III persentase aktivitas semakin baik. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari persentase keberhasilan belajar siswa dari putaran I hingga III putaran I persentase sebesar 57,5% putaran II sebesar 85%, Putaran III sebesar 90%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Model Reciprocal Teaching, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam |
Depositing User: | Hananto Bayu Susetyo |
Date Deposited: | 03 Jun 2022 10:19 |
Last Modified: | 03 Jun 2022 10:19 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6230 |
Actions (login required)
View Item |