UMSurabaya Repository

PENGARUH PEMBELAJARAN SENTRA AGAMA TERHADAP PERKEMBANGAN NILAI MORAL AGAMA PADA ANAK DI RA. DARUL ULUM PANDEAN KEC. REMBANG

Gusmaniarti, Gusmaniarti and Wardah Suweleh, S.Pd, M.Pd (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN SENTRA AGAMA TERHADAP PERKEMBANGAN NILAI MORAL AGAMA PADA ANAK DI RA. DARUL ULUM PANDEAN KEC. REMBANG. Prosiding Conference of Elementary Studies (CES), Literasi Dalam Pendidikan di Era Digital Untuk Generasi Milenial. ISSN ISBN : 978-623-7259-21-3

[img] PDF (Artikel)
Download (336kB)
[img] PDF (Hasil Cek Plagiasi)
Download (1MB)
[img] PDF (Peer Review)
Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat pengaruh sentra Agama terhadap perkembangan nilai moral dan agama anak usia 4-5 tahun di kelompok A, dimana masih banyak anak anak usia dini yang belum bisa memahami konsep agama yang di aplikasikan pada kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran sentra agama terhadap perkembangan nilai moral dan agama anak usia dini pada RA. Darul Ulum Pandean. Sehingga para pendidik khususnya Peneliti sendiri dapat mengetahui perkembangan nilai moral dan agama pada anak usia dini dikarena berkembangnya jaman dan berubahnya kemampuan berfikir anak. Penelitian ini menggunakan penelitian ekperimen kuantitatif yaitu regresi linier sederhana. Dimana Peneliti dapat mengetahui pengaruh sentra agama terhadap perkembangan nilai moral dan Agama anak pada RA.Darul Ulum Padean Rembang. Sebagai sampel siswa Kelompok A dengan Jumlah siswa 30 anak. Pengumpulan data, peneliti menggunakan observasi dan dokumentasi yang dilengkapi dengan instrument yang berupa daftar checklist antara indikator dengan pencapaian perkembangan Nilai Moral dan agama anak usia dini. Hasil penelitian menunjukan adanya perubahan yang signifikan mencapai 0,975 dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t sebesar 3,214, sedangkan pada ttabel adalah 2,010 pada taraf signifikansi 5% yang berarti bahwa Ha diterima. Selain itu juga diperoleh persamaan regresi Y=29,409+0,748X yang artinya seluruh pernyataan cukup reliable terhadap anak didik tentang perkembangan moral agama anak pada kegiatan disentra Agama melalui uji Validitas. hal itu menunjukan bahwa sentra Agama memiliki pengruh terhadap perkembangan nilai Agama dan Moral anak. Kata Kunci: Pembelajaran Sentra Agama, Perkembangan Nilai Agama dan Moral

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Prosiding > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: GUSMANIARTI GUSMANIARTI GUSMANIARTI
Date Deposited: 03 Apr 2023 02:48
Last Modified: 03 Apr 2023 02:49
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6632

Actions (login required)

View Item View Item