UMSurabaya Repository

PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERMAIN KARTU TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK DI TK MUSLIMAT NU II PANGORAYAN KEC. PROPPO KABUPATEN PAMEKASAN

Mailah, Siti (2019) PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERMAIN KARTU TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK DI TK MUSLIMAT NU II PANGORAYAN KEC. PROPPO KABUPATEN PAMEKASAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (2MB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (80kB)

Abstract

Kemampuan mengenali huruf adalah kecakapan anak didalam menegtahui dan menyebutkan nama huruf alfabet, yang berguna untuk kemampuan membaca anak pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Anak dalam usia dini dalam proses pembelajaran guna meningkatkan kemampuan mengenali huruf diupayakan dengan suatu metode yang dapt memberikan perasaan gembira dan menyenangkan. Penggunaan metode bermain kartu dapat menjadi pilihan yang menyenangkan bagi anak dalam kegiatan belajar mengajar. Guru yang fungsinya sebagai pembimbing berkewajiban menstimulasi perkembangan dengan memberikan frekuensi yang cukup pada anak untuk melatih dan mendapatkan suasana belajar yang baru. Atas dasar itulah penulis memilih judul ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan metode bermain kartu terhadap kemampuan mengenali huruf pada anak. Sampel penelitian berjumlah 20 anak dengan teknik studi populasi. Penentuan daerah penelitian dengan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode observans. Sebagai data utama dan metode interview dan dokumenter sebagai alat pelengkap. Analisa data menggunakan analisis statistik dengan rumus chi kuadrat dan guna mengetahui dipergunakan KK. Hasil penelitian terbukti menolak hipotesis nihil. Hasil menunjukkan Ada Pengaruh Penggunaan Metode Bermain Kartu terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak TK Muslimat NU II Pangorayan Kec. Proppo Kabupaten Pamekasan Tahun Ajaran 2018-2019 dengan korelasi rendah. Hasil X² = 6,667 dengan taraf signifikan 5% = 3,841 maka X² lebih besar dari pada taraf signifikan Berdasarkan hasil penelitian disarankan guru dan sekolah harus bisa menciptakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan sehingga dapat menimbulkan semangat, gairah belajar dan perasaan anak tidak terbebani sehingga daya pikir anak berkembang dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing : 1. Aris Setiawan, S.Sn, M.Pd ; 2. Wardah Suweleh, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Metode Bermain Kartu dan Kemampuan Mengenali Huruf
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Lailil Aswiyatul Mustdzalifah
Date Deposited: 27 Jul 2023 04:23
Last Modified: 27 Jul 2023 04:23
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7588

Actions (login required)

View Item View Item