UMSurabaya Repository

A Corpus Based Analysis on Lexical Bundles in Indonesian Twelfth-Grade Textbook

Prasetyo, Guntoro Galih (2019) A Corpus Based Analysis on Lexical Bundles in Indonesian Twelfth-Grade Textbook. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (547kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (326kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (306kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (570kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Peneliti menggunakan metode Mix Method yaitu terdapat metode kuantitatif dan metode kualitatif untuk mendapatkan hasil temuan, metode ini juga disebut sekuensial eksplanatori. Metode kuantitatif dilakukan melalui alat yang disebu KfnGram oleh fletcher untuk mendapatkan jumlah frekuensi dari leksikal bundel, dan metode kualitatif digunakan untuk mengklarifikasi data dengan mengaitkan jenis bundel leksikal dan klasifikasi secara fungsional yang ditemukan dalam buku teks. Dengan ditemukan data yang pertama dari semua kata dalam sebuah buku, korpus menemukan 39.294 kata yang ditemukan dalam buku. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat 3 jenis bundel leksikal dalam sebuah buku, yaitu ada 3 tipe bundel 3-, 4-, dan 5- leksikal bundel, dengan total bundel 3.154 dan hanya 16% bundel dari tiga hingga lima dapat diklasifikasi ke dalam klasifikasi fungsional. Maka dari itu, untuk klasifikasi fungsional menurut Conrad & Biber (2005) ada 4 jenis fungsi: Stance Expressions , Discourse Organizers, Referential Expressions dan Fungtional Conversational Bundles. Hasil penelitian menunjukkan buku cenderung mempersiapkan kemampuan akademik untuk siswa dalam hal kemampuan menulis terkait fakta bahwa referensial memiliki frekuensi sangat tinggi (23%), mengikuti ekspresi kuda-kuda (11%), Wacana (10%) dan hanya fungsi Percakapan Khusus (1%), merujuk untuk fungsi utama referensial adalah untuk membuat referensi langsung ke entitas fisik atau abstrak, teori dan konteks teks.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing : 1. Dr. Dwijani Ratna Dewi, M.Pd ; 2. Sofi Yuniarti, S.S., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Corpus, Bundel Leksikal, Bahasa Akademik, Buku Teks
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Muhammad Faizal Ramadhani
Date Deposited: 04 Aug 2023 03:24
Last Modified: 04 Aug 2023 03:24
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7695

Actions (login required)

View Item View Item