UMSurabaya Repository

HUBUNGAN KEKERASAN PSIKOLOGIS DENGAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SDN BANGKES 1 KECAMATAN KADUR KABUPATEN PAMEKASAN

Kusmanto, Herizal Edy (2018) HUBUNGAN KEKERASAN PSIKOLOGIS DENGAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SDN BANGKES 1 KECAMATAN KADUR KABUPATEN PAMEKASAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (649kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (103kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (295kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (396kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (577kB)

Abstract

Kekerasan Psikologi meliputi penggunaan kata-kata kasar, penyalahgunaan kepercayaan, mempermalukan orang lain di depan umum, melontarkan ancaman dengan kata-kata dan sebagainya. Akibat adanya perilaku tersebut biasanya korban akan merasa rendah diri, minder, merasa tidak berharga, dan lemah dalam membuat keputusan. Tumbuh kembang anak tidak hanya menyangkut masalah fisik semata, tetapi yang lebih penting adalah keterlibatannya secara mental yaitu aspek kognitif yang berhubungan dengan fungsi intelektual. Sementara studi yang dilakukan terhadap anak-anak Australia, sebanyak 22 anak dari usia 6 sd 11 tahun menunjukkan bahwa kelompok anak-anak yang secara historis mengalami kekerasan dalam rumah tangganya cenderung mengalami problem perilaku pada tinggi batas ambang sampai tingkat berat, memiliki kecakapan adaptif di bawah rata-rata, memiliki kemampuan membaca di bawah usia kronologisnya, dan memiliki kecemasan pada tingkat menengah sampai dengan tingkat tinggi. Jenis Penelitian ini adalah Deskriptif Corelation. Populasi pada penelitian ini sebanyak 38 siswa dan sampelnya sebanyak 30 siswa dengan teknik Simple Random Sampling. Pengambilan data menggunakan penyebaran kuesioner kekerasan psikologis dan melakukan observasi kemampuan kognitif. Data yang terkumpul melalui kuesioner dan observasi dianalisa dengan uji Chi Square untuk mengetahui hubungan kekerasan psikologis dengan kemampuan kognitif pada anak. Dari hasil analisa statistik dengan menggunakan uji Chi-square menunjukkan hasil dengan signifikan ρ = 0,682 dengan derajat kemaknaan yang digunakan adalah α < 0,05, artinya tidak ada hubungan kekerasan psikologis dengan kemampuan kognitif anak. Berdasarkan hasil penelitian diatas menunjukkan bahwa tidak ada hubungan kekerasan psikologis dengan kemampuan kognitif anak. Sehingga dapat di pertahankan untuk menghindari kekerasan psikologis pada anak yang bisa mempengaruhi kemampuan kognitif pada anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing : 1. Yuanita Wulandari, S.Kep., Ns., MS; 2.Septian Galuh W, S.Kep.Ns, M.Kep
Uncontrolled Keywords: Anak, Kekerasan psikologis, Kemampuan kognitif
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 04. Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Sabitah Ari Murti Akmal
Date Deposited: 08 Aug 2023 06:41
Last Modified: 08 Aug 2023 06:41
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7875

Actions (login required)

View Item View Item