UMSurabaya Repository

Konsep Pendidikan Akhlak Perspektif Jalaluddin Rumi (Analisis Buku Fihi Ma Fihi Serta Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam).

Ali, Moh (2021) Konsep Pendidikan Akhlak Perspektif Jalaluddin Rumi (Analisis Buku Fihi Ma Fihi Serta Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (540kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (225kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (420kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (92kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (242kB)

Abstract

Buku Fihi Ma Fihi merupakan salah satu master piece dari seorang tokoh sufi bernama Jalaluddin Rumi, yang memuat ceramah-ceramah Rumi dalam bentuk prosa. Berisi tentang materi perkuliahan, refleksi, dan komentar yang membahas tentang masalah seputar akhlak yang dilengkapi dengan tafsiran Al�Quran dan Hadis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana konsep pendidikan akhlak perspektif pendidikan Islam? 2). Bagaimana nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam buku Fihi Ma Fihi karya Jalaluddin Rumi? 3). Bagaimana relevansi nilai pendidikan akhlak pada buku Fihi Ma Fihi terhadap Pendidikan Islam? Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang berbentuk deksriptif dan jenis penelitiannya adalah kepustakaan (library research). Objek penelitian dalam tesis ini adalah karya sastra berupa buku yang berjudul Fihi Ma Fihi Karya Jalaluddin Rumi. Pendekatan yang dilakukan oleh penulis untuk memperoleh data adalah dengan mencari buku-buku yang relevan dengan obyek kajian dengan sumber data primer berasal dari buku Fihi Ma Fihi. Metode yang dilakukan penulis dalam tesis ini adalah metode dokumenter yakni mencari data variabel yang berupa catatan, naskah, transkip buku dan sebagainya. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwa: 1). Nilai-nilai pendidikan akhlak pada buku Fihi Ma Fihi meliputi Cinta, Khauf dan Raja’, Tawakal, Ikhlas, Muraqabah, Berdzikir kepada Allah, Istikamah, Tawadu’, Sabar, Mujahadah, Memaafkan dan Memuliakan terhadap sesama. 2). Nilai pendidikan akhlak dalam buku Fihi Ma Fihi karya Jalaluddin Rumi dapat tercermin dari proses pendidikan rohani pada manusia agar ia mengikuti apa yang dikehendaki Allah, Tuhan semesta dan jagat raya ini. Merupakan proses pencapaian kesempurnaan potensi spiritual manusia yang ditunjukan dengan pencapaian dalam wujud kebersihan rohani, keluasan dalam berpikir, kedalaman pemahaman ilmu, keutamaan akhlak, yang membawa manusia menuju kepada Tuhan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dosen Pembimbing : (I) Prof. Dr. H. Abd Hadi, M.A.g (II) M. Fazlurrahman Hadi, Lc., M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Nilai, Akhlak, dan Pendidikan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam
Depositing User: Sabitah Ari Murti Akmal
Date Deposited: 11 Aug 2023 06:38
Last Modified: 11 Aug 2023 06:38
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8148

Actions (login required)

View Item View Item