UMSurabaya Repository

IMPLEMENTASI PERATURAN PEMERINTAH RI NO 74 TAHUN 2008 TENTANG GURU TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DI SMP KH. M NUR SURABAYA

HUSNI, HELMI (2019) IMPLEMENTASI PERATURAN PEMERINTAH RI NO 74 TAHUN 2008 TENTANG GURU TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DI SMP KH. M NUR SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (PENDAHULUAN)
Download (646kB)
[img] PDF (BAB 1)
Download (163kB)
[img] PDF (BAB 2)
Download (298kB)
[img] PDF (BAB 3)
Download (105kB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Registered users only

Download (472kB)

Abstract

Terciptanya manusia dan masyarakat yang berkualitas dalam arti maju dan mandiri hanya dapat diwujudkan jika pendidikan berhasil ditingkatkan. Adanya guru yang bermutu merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan setiap upaya pendidikan. Dalam pendidikan selama ini guru menjadi titik kunci bagi keberhasilan proses pembelajaran. Tak ayal, guru pun menjadi sorotan utama seandainya sebuah proses pembelajaran itu dikatakan kurang berhasil. Hal itu mengisyaratkan bahwa tugas yang diemban guru tidaklah ringan, karena itu guru mrnjadi elemen vital yang tidak bisa dikesampingkan. Maka sudah menjadi suatu keharusan bagi pihak sekolah untuk menyadari hal itu dan kemudian merealisasikan usaha – usaha yang mengarah pada pembinaan dan pengembangan mutu guru secara intensif. untuk mewujudkan guru – guru yang bermutu maka diperlukan usaha – usaha untuk mencapai hal tersebut diantaranya melalui meningkatkan kompetensi guru. Kemudian berkaitan dengan kompetensi guru tersebut, maka Peraturan Pemerintah RI tahun 2008 pasal 2 menyatakan bahwa Guru wajib memiliki Kualifikasi Akademik, kompetensi Sertifikat Pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidika nasional. Selanjutnya pasal 3 ayat (2) menyatakan kompetensi guru yang di maksud dalam pasal 2 meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi. Namun yang menjadi titik berat dalam tesis ini adalah kompetensi pedagogiknya. Dengan adanya PP RI ini peningkatan kualitas kompetensi bisa lebih maksimal dan lebih baik lagi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi peraturan pemerintah republik Indonesia tahun 2008 nomor 74 tentang guru terhadap kompetensi pedagogik guru pendidikan agama islam di SMP KH. M. Nur Surabaya sangat cocok dan relevan. Sejalan dengan dikeluarkannya PP RI dan analisis yang telah ditemukan maka pihak sekolah supaya lebih berusaha dengan maksimal serta menjadikan peserta didik lebih semangat dalam menerima ilmu sehingga dapat menjadi anak yang berkualitas dan mumpuni

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: DOSEN PEMBIMBING: Dr. M. Arfan Mu’ammar, M.Pd.I,
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Pedagogik dan Implementasi.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Adhi Dewantara
Date Deposited: 11 Aug 2023 09:19
Last Modified: 11 Aug 2023 09:19
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8164

Actions (login required)

View Item View Item