UMSurabaya Repository

Perkembangan Media Pembelajaran Di Perguruan Tinggi

Shoffa, Shoffan and Iis, Holisin and Palandi, Jozua F. and Cacik, Sri and Indriyani, Dian and Supriyanto, Eko Eddya and Basith, Abdul (2021) Perkembangan Media Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Penerbit CV. AGRAPANA MEDIA. ISBN 978-623-95887-3-1

[img] PDF (Buku)
Download (1MB)
[img] PDF (Plagiasi)
Download (25MB)
[img] PDF (Peer Review)
Download (1MB)
[img] PDF (HKI)
Download (243kB)

Abstract

Puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Ilahi Robbi, berkat rahmat dan karunianya kita masih diberikan kekuatan, Kesehatan, dan kemudahan dalam menjalankan kehidupan ini. Alhamdulillah, Buku Perkembangan Media Pembelajaran di Perguruan Tinggi ini akhirnya dapat penulis selesaikan tepat pada waktunya. Buku ini merupakan wujud dari kepedulian penulis untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya kualitas pembelajaran di abad 21 atau dikenal dengan era smart society 5.0 saat ini. Pembelajaran yang berkualitas memerlukan perencanaan, penciptaan kondisi pembelajaran, dan media pembelajaran yang tepat dan matang, sehingga pembelajaran lebih bermakna dan mencapai tujuan. “kita dapat menceritakan sesuatu kepada peserta didik dengan cepat. Namun peserta didik akan melupakan apa yang kita ceritakan itu dengan lebih cepat”. Mengajarkan bukan persoalan menceritakan! Akan tetapi mengajarkan itu harus memberikan pengalaman baru kepada peserta didik untuk mudah dipahami. Sehingga materi yang sulit diajarkan oleh pendidik dan sulit dipahami oleh peserta didik akan menjadi mudah dengan menggunakan media pembelajaran sebagai jembatan untuk berpikir peserta didik. Tidak dapat dipungkiri bahwa di abad 21 saat ini, pengaruh teknologi dan media mampu memberikan peran yang besar dalam bidang pembelajaran terutama media pembelajaran. Media tersebut bisa disebut dengan media digital. Peran dosen dan mahasiswa di kelas pada abad ke-21 ini, dosen dan buku teks tidak lagi menjadi sumber semua informasi. Sebaliknya, dosen v menjadi fasilitator perolehan pengetahuan. Dengan beberapa penekanan tombol, mahasiswa dapat menjelajahi dunia menggunakan sumber daya online yang tidak terbatas dan beragam media digital untuk mendapatkan informasi yang mereka cari dan kemudian mendiskusikan temuan mereka dalam percakapan waktu nyata dengan para ahli dan mahasiswa yang tinggal di negara lain. Dalam proses pembelajaran ini, inovasi teknologi dan media memberikan mahasiswa kami cara yang tiada habisnya untuk memperluas kesempatan pendidikan, namun juga membawa tantangan baru bagi para dosen. Bagaimana anda akan melampaui teks? Bagaimana anda akan memilih teknologi dan media yang "benar" ketika begitu banyak pilihan tersedia? dan yang paling penting, bagaimana anda akan menciptakan pengalaman belajar yang secara efektif menggunakan alat dan sumber belajar ini untuk memastikan bahwa mahasiswa anda memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru?. Buku ini nanti akan membahas lebih lengkap terkait perkembangan media pembelajaran di perguruan tinggi. Penulisan buku ini dilakukan secara kolaborasi yang ditulis selama 16 hari sejak tanggal 10 sampai 25 Januari 2021. Sebagai perwujudan tri dharma perguruan tinggi, beberapa dosen dari berbagai institusi perguruan tinggi melakukan penulisan ini sebagai referensi dalam mengajar, membantu para dosen khususnya pendidik dalam memperbaiki kualitas pengajarannya, penggunaan media sesuai fungsi dan manfaatnya, serta memberikan wacana baru terkait perkembangan media pembelajaran di perguruan tinggi. vi Akhir kata, penulis sampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyususnan buku ini dari awal sampai akhir. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin ya robbal alamin.

Item Type: Book
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Buku > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: SHOFFAN SHOFFA SHOFFA
Date Deposited: 14 Sep 2023 08:09
Last Modified: 14 Sep 2023 08:09
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8206

Actions (login required)

View Item View Item