UMSurabaya Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS GUIDED DISCOVERY UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 52 SURABAYA

NASRULLOH, MOCHAMMAD and Dra. Peni Suharti, M.Kes and Amiq Fikriyati, M. Pd (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS GUIDED DISCOVERY UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 52 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (624kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (921kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 5)
Download (10kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Guided Discoveryuntuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dan Penguasaan Konsep pada Materi pencemaran lingkungan yang layak secara teoritis dan empiris. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan 4-D (Define, Design, Develop, Dessminate) dari Thigarajan 1974 yang dibatasi sampai pada tahap Develop saja. Pengembangan ini dilaksanakan di kampus jurusan S-1 Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya, pada bulan Februari-April 2015. Kemudian di uji cobakan terbatas pada siswa kelas VII SMP Negeri 52 Surabaya pada bulan Mei 2015. Data hasil validasi, data angket keterlaksanaan, data penguasaan konsep dilihat dari ketuntasan belajar, kemampuan berpikir kritis, dan data respon siswa dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil penelitian kelayak teoritis dan empiris LKS berbasis guided discovery (penemuan terbimbing) melatihakan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep yang dikembangkan dapat dikategorikan sangat layak secara teoritis dan secara empiris berdasarkan hasil validasi serta hasil uji coba yang ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran, penguasaan konsep dari ketuntasan belajar, kemampuan berpikir kritis, dan respon siswa. Kata kunci: Pengembangan lembar kerja siswa, berbasis guided discovery, berpikir kritis, penguasaan konsep

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 320 not found.
Date Deposited: 15 Nov 2017 03:49
Last Modified: 15 Nov 2017 03:49
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/821

Actions (login required)

View Item View Item