UMSurabaya Repository

Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita: Sebuah PenelitianMeta-Ethnography

Thrisseany, Eryn and Febriana Kristanti, S.Si., M.Si. and Shoffa, Shoffan (2023) Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita: Sebuah PenelitianMeta-Ethnography. Journal of Education and Teaching (JET) is a scientific journal managed by the Faculty of Teacher Training and Education, Muhammadiyah University of Kendari wh, 4 (2). pp. 177-200. ISSN 2746-1467 (online)/2747-2868 (Print)

[img] PDF (Artikel) - Published Version
Download (552kB)
[img] PDF (Plagiasi)
Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan rangkuman hasil penelitian tentang kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dan bentuk kesalahan siswa lebih dominan padalaporan lima tahun terakhir. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, yaitu menganalisis gejala yang ada berdasarkan data yang telah diperoleh dari berbagai penelitian sebelumnya dan dirangkum oleh pendekatan Meta-Ethnography. Objek penelitian adalah laporan hasil penelitian guru dan alumni mahasiswa pendidikan matematika yang mengkajimasalah kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Hasil rangkuman tersebut menunjukkan bentuk-bentuk kesalahan siswa adalahkesalahan: 1) representasi informasi dari pertanyaan cerita menjadi bentuk kalimat matematika; 2) memahami definisi, menerapkan konsep, prosedur dan teknik; 3) menentukan aspek pengetahuan pemahaman dan penerapan masalah cerita; 4)penerapan konseptual pada materi tertentu, tidak memahami hubungan antar konsep,tidak memahami makna simbol; 5) siswa dalam menyimpulkan hasil pemecahan masalah atau kesalahan penulisan jawaban akhir.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Student Errors, Meta-Ethnography, Summary and Story Problems
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: SHOFFAN SHOFFA SHOFFA
Date Deposited: 01 Oct 2023 14:05
Last Modified: 01 Oct 2023 14:05
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8238

Actions (login required)

View Item View Item