UMSurabaya Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH 7 SURABAYA

Shafwan, Muhammad Hambal and Mu'ammar, M. Arfan PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH 7 SURABAYA. Project Report. Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF
Download (539kB)

Abstract

Metode pembelajaran atau sering digunakan istilah strategi belajar mengajar, senantiasa mengalami dinamika dalam praktik dunia pendidikan. Tidak terkecuali di Negara Indonesia, dinamika tersebut terjadi dari masa ke masa seiring dengan pemberlakuan berbagai jenis kurikulum pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1. Mendeskripsikan Bagaimana menerapkan metode Cooperatif Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa SMP Muhammadiyah 7 Surabaya, 2. Mendeskripsikan kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam menerapkan model Cooperative Learning, Mendeskripsikan prestasi siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui model Cooperative Learning, 3. Mendeskripsikan prestasi siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui model Cooperative Learning. Sasaran penelitian ini adalah perumusan metode Cooperative Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan subyek penelitian guru Pendidikan Agama Islam dan siswa SMP Muhammadiyah 7 Surabaya. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Data kualitatif diperoleh dari catatan dari hasil wawancara yang diperoleh ketika mengobservasi pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Analisis data kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis deskriptif. Penelitian ini diperoleh hasil bahwa : 1) Penerapan metode Cooperative Learning pada pembelajaran di SMP Muhammadiyah 7 Surabaya sudah dilaksanakan meski terdapat guru yang sudah melaksanakan dan terdapat guru yang belum melaksanakan. 2). Penerapan metode Cooperative Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dilakukan sejak tahun 2016, dan telah berjalan selama 3 (tiga) tahun. Penerapan metode Cooperative Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 7 Surabaya masih sebagian kecil dari metode yang ada. 3). Prestasi dan tanggapan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode Cooperative Learning di SMP Muhammadiyah 7 Surabaya, siswa menyatakan senang dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam meskipun mereka tidak menunjukkan antusias / semangat bahkan prestasi belajar siswa rata-rata cukup baik Keyword: metode pembelajaran, Cooperative Learning, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam
Depositing User: MUHAMMAD HAMBAL HAMBAL
Date Deposited: 19 Sep 2023 11:54
Last Modified: 19 Sep 2023 11:54
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8288

Actions (login required)

View Item View Item