UMSurabaya Repository

PENGARUH CONCEPT ATTAINMENT MODEL (CAM) PADA MATERI SISTEM REGULASI PADA MANUSIA TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMA MUHAMMADIYAH 7 SURABAYA

RODIYAH, ANA and Dra. Yuni Gayatri, M.Pd and Ir. Ruspeni Daesusi, M.Kes. (2016) PENGARUH CONCEPT ATTAINMENT MODEL (CAM) PADA MATERI SISTEM REGULASI PADA MANUSIA TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMA MUHAMMADIYAH 7 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (pendahuluan)
Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (249kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 5)
Download (149kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui pengaruh Concept Attainment Model (CAM) pada materi sistem regulasi pada manusia terhadap keterampilan berpikir kritis siswa; (2) mengetahui pengaruh Concept Attainment Model (CAM) pada materi sistem regulasi pada manusia terhadap penguasaan konsep siswa; (3) mengetahui kemampuan guru mengelola pembelajaran menggunakan Concept Attainment Model (CAM) terhadap keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa pada materi sistem saraf. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi. Rancangan penelitian menggunakan desain kelompok kontrol tidak ekuivalen. Sebagai sampel adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 7 Surabaya. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes, menggunakan lembar pengamatan keterampilan guru dalam pengelolaan pembelajaran, lembar tes keterampilan berpikir kritis dan tes penguasaan konsep siswa. Secara deskriptif keterampilan berpikir kritis siswa 100% tuntas secara klasikal, hasil uji t nilai signifikansi ≤ 0,05 yaitu dengan nilai 0,000. Untuk penguasaan konsep dari hasil uji t nilai signifikansi ≤ 0,05 yaitu dengan nilai 0,000. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan ada pengaruh Concept Attainment Model (CAM) pada materi sistem regulasi terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dan penguasaan konsep siswa SMA Muhammadiyah 7 Surabaya. Kemampuan guru mengelola pembelajaran di SMA Muhammadiyah 7 Surabaya pada materi sistem regulasi pada manusia dikatagorikan sangat baik. Kata kunci: Concept Attainment Model (CAM), Keterampilan Berpikir Kritis, Penguasaan Konsep, Dan Kemampuan Guru Mengelola Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 320 not found.
Date Deposited: 15 Nov 2017 05:09
Last Modified: 15 Nov 2017 05:09
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/839

Actions (login required)

View Item View Item