Sujinah, Sujinah (2016) Penerapan Student Centered Learning Pada Pokok Bahasan Penulisan Proposal PKM Mata Kuliah Bahasa Indonesia Mahasiswa Semester I Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. BASTRA Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3 (1). ISSN 2356-1629
PDF (Artikel Jurnal)
Download (8MB) |
|
PDF (Hasil Cek Plagiasi)
Download (15MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas penggunaan pendekatan SCL dalam perkuliahan pokok bahasan penulisan proposal PKM mata kuliah Bahasa Indonesia mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia tahun akademik 2015/ 2016. Metode yang digunakan untuk mendapatkan data untuk mendeskripsikan temuan untuk menjawab permasalahan penelitian ini adalah tes (tertulis, produk dan performansi) serta angket. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pendekatan SCL dalam embelajaran mata kuliah Bahasa Indonesia Akademik mahasiswa semester I Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sangat efektif. Efektivitas dapat dilihat dari hasil pengumulan data yang dilakukan melalui tes (tertulis, produk dan performansi) serta angket. Dari data tersebut menunjukkan kemampuan mahasiswa dalam pokok bahasa menyusun proposal penelitian kreativitas mahasiswa (PKM) berhasil. Melalui pendekatan SCL pendidik memperoleh masukan terkait aspek yang sudah dikuasai dan aspek yang belum dikuasai mahasiswa, sehingga pada pertemuan berikut pendidik dapat menggunakan hasil penelitian ini untuk perbaikan perkuliahan berikutnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi, PKM, SCL |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Dr. Sujinah, M.Pd. |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 07:42 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 07:42 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8636 |
Actions (login required)
View Item |