UMSurabaya Repository

ANALISIS KEAKTIFAN SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA

Fithri, Nisa Aqidatul and Naila, Ishmatun and Afiani, Kunti Dian Ayu ANALISIS KEAKTIFAN SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar.

[img] PDF
Download (778kB)
[img] PDF (Turnitin)
Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keaktifan siswa sekolah dasar dengan model Project Based Learning pada pembelajaran IPA di Kelas IV MI Muhammadiyah 6 Sekapuk. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan di MI Muhammadiyah 6 Sekapuk. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh peneliti bahwa pada saat guru menerapkan model Project Based Learning keaktifan siswa bertambah karena mereka menyukai dengan adanya model pembelajaran proyak membuat mereka lebih aktif dan tidak cenderung diam saat pembelajaran. Siswa K telah memenuhi 3 indikator dari 7 indikator keaktifan siswa, Siswa I memenuhi 4 indikator dari 7 indikator keaktifan siswa, dan siswa A memenuhi 6 indikator dari 7 indikator keaktifan siswa. Dari 7 indikator keaktifan siswa indikator keikutsertaan siswa dalam pelaksanaan tugas belajar yaitu indikator yang paling dikuasai oleh siswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ishmatun Naila
Date Deposited: 22 Mar 2024 06:12
Last Modified: 22 Mar 2024 06:12
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/9193

Actions (login required)

View Item View Item