UMSurabaya Repository

Penerapan Model Inquiry Learning dengan Strategi RQA pada Materi Sistem Reproduksi Manusia untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik

Rusdiyanti, Ekita (2023) Penerapan Model Inquiry Learning dengan Strategi RQA pada Materi Sistem Reproduksi Manusia untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (516kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (547kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (834kB)
[img] PDF (Bab 3)
Restricted to Registered users only

Download (765kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (276kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan efektivitas penerapan Model Inquiry Learning dengan Strategi RQA pada sistem reproduksi manusia untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. (2) Mengetahui respon peserta didik setelah menerima pembelajaran model Inquiry dengan strategi RQA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre-ekperimental dengan One Grup Pretest Posttest design. Sampel Penelitian Siswa Kelas XI MIA 1 dan MIA 2 SMA Muhammadiyah 10 Surabaya. Teknik Pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, tes, dan angket. Data dianalisis secara deskriptif dan statistik menggunakan Uji T dan Uji N-Gain. Kesimpulan penelitian : (1) Keterampilan berpikir kreatif peserta didik dapat meningkat melalui penerapan model inquiry learning dengan Strategi RQA pada materi sistem reproduksi manusia di kelas XI MIA 1 dan 2 di SMA Muhammadiyah 10 Surabaya, (2) Model pembelajaran inquiry learning dengaan Strategi RQA pada materi sistem reproduksi manusia tahap keterlaksanaanya 100% untuk meningkatkan ketrampilan berpikir kreatif peserta didik di kelas XI SMA Muhammadiyah 10 Surabaya dan mendapatkan hasil yang sangat baik, (3) Peserta didik kelas XI MIA 1 dan MIA 2 di SMA Muhammadiyah 10 Surabaya memberikan respon positif pada pembelajara model inquiry dengan Strategi RQA dalam materi sistem repoduksi pada manusia sebesar 96,3% dengan kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Inquiry Learning;; Keterampilan Berpikir Kreatif; Strategi RQA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Moch. Adi Candra
Date Deposited: 31 Jul 2024 05:03
Last Modified: 31 Jul 2024 05:06
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/9435

Actions (login required)

View Item View Item