DINI HARI, ZULFIANI (2021) PENGARUH MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN, KUALITAS LAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PT. MASTHA MEDICALINDO INTERNASIONAL DI SURABAYA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA.
PDF (PENDAHULUAN)
Download (785kB) |
|
PDF (BAB I)
Download (567kB) |
|
PDF (BAB II)
Download (586kB) |
|
PDF (BAB III)
Download (669kB) |
|
PDF (BAB IV)
Restricted to Registered users only Download (677kB) |
|
PDF (BAB V)
Download (200kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan di dunia bisnis yang semakin meningkat yang ditandai dengan munculnya perusahaan-perusahaan baru yang bergerak pada bidang usaha yang sejenis. Perusahaan tersebut berusaha untuk meningkatkan strateginya agar konsumen membeli produk yang mereka pasarkan, serta mempertahankan konsumen agar tidak berpaling ke produk yang sama dari perusahaan yang berbeda. Perusahaan harus lebih ekstra dalam meningkatkan strategi pemasaran guna memenangkan persaingan pasar dan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Strategi pemasaran tersebut diantara berasal dari internal perusahaan diantaranya manajemen hubungan pelanggan, kulitas layanan dan kualitas produk. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah : (1) Apakah manajemen hubungan pelanggan berpengaruh pada loyalitas pelanggan? ; (2) Apakah Kualitas Layanan berpengaruh pada loyalitas pelanggan ? ; (3) Apakah Kualitas Produk berpengaruh pada loyalitas pelanggan? ; (4) Apakah manajemen hubungan pelanggan, kualitas layanan dan kualitas produk secara bersama-sama berpengaruh pada loyalitas pelanggan ? ix Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengaruh manajemen hubungan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan PT Mastha Medicalindo Internasional. ; (2) Untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan PT Mastha Medicalindo Internasional.; (3) Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelangggan PT Mastha Medicalindo Internasional.; (4) Untuk mengetahui pengaruh manajemen hubungan pelanggan, kualitas layanan dan kualitass produk secara simultan terhadap loyalitas pelanggan PT Mastha Medicalindo Internasional. Penelitian berikut menggunakan pendekatan kuantitatif serta metode analisis regresi linier berganda. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan kuesioner sebagai data primer dengan jumlah sampel sebanyak 98 respodonden. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan SPSS Vs 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Uji Parsial yang memperlihatkan variabel manajemen hubungan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai sig 0,005 > 0,05.; (2) Kualitas layanan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai sig 0,567 > 0,05.; (3) Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai sig 0,000 < 0,05. ; (4) Uji simultan menunjukkan bahwa manajemen hubungan pelanggan, kualitas layanan, dan kualitas produk berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai sig 0,000 < 0,005 dengan pengaruh sebesar 75,5% sedangkan 24,5% dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | DOSEN PEMBIMBING 1: Dr. Muhammad Anang Firmansyah, MM. DOSEN PEMBIMBING 2: Marista Oktaviani, S.E., M.M. |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Hubungan Pelanggan, Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Loyalitas Pelanggan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | 02. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | b b imas |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 08:10 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 08:10 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/9557 |
Actions (login required)
View Item |