UMSurabaya Repository

PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA BUSTANUL ATHFAL AISYIYAH SUMBER SARI SEMESTER DUA MELALUI MEDIA KARTU BERMAIN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Astuti, Nining Puji and Dr. M. Ridlwan, M.Pd. and Pheni Cahya Kartika, S.Pd, M.Pd (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA BUSTANUL ATHFAL AISYIYAH SUMBER SARI SEMESTER DUA MELALUI MEDIA KARTU BERMAIN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (58Kb) | Preview
    [img] PDF (BAB 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (234Kb)
      [img] PDF (BAB 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (277Kb)
        [img] PDF (BAB 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (304Kb)
          [img] PDF (BAB 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (529Kb)
            [img] PDF (BAB 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (221Kb)
              [img] PDF (LAMPIRAN)
              Restricted to Repository staff only

              Download (230Kb)

                Abstract

                Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa menggunakan media kartu bermain di Bustanul Athfal Aisyiyah Sumbersari. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penerima siswa Bustanul Athfal Aisyiyah Sumbersari berjumlah sembilan siswa. Penelitian ini berupa kerjasama antara peneliti dengan guru kelas. Sumber data yang digunakan adalah informasi dari nara sumber yaitu guru kelas, arsip nilai ujian semester siswa, hasil pengamatan proses pembelajaran menggunakan kartu bermain. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan keterampilan membaca permulaan. Data awal diperoleh persentase nilai sebelum tindakan yaitu 51%. Pada siklus I persentase nilai siswa meningkat menjadi 66%. Hal tersebut belum mencapai ketuntasan belajar, sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II persentase nilai siswa meningkat menjadi 91%. Oleh karena itu media kartu bermain dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa Bustanul Athfal Aisyiyah Sumbersari semester dua Kecamatan Sine Kabupaten Ngawi. Kata Kunci: Membaca, media kartu bermain, hasil belajar

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
                Depositing User: b b putri
                Date Deposited: 21 Nov 2017 15:41
                Last Modified: 21 Nov 2017 15:41
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1246

                Actions (login required)

                View Item