DWI JAYANTI, RIZKI and Dra. Chusnal Ainy, M.Pd. and Wahyuni Suryaningtyas, S.Si., M.Si. (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE COURSE REVIEW HORAY PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP KEMALA BHAYANGKARI 9 WARU SIDOARJO. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
![Pendahuluan [thumbnail of Pendahuluan]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
Cover,_Hal.Pengesahan,_Dftr_Isi,_Dftr_Lampiran,_Dftr_Pustaka.pdf
Download (436kB)
![Bab 1 [thumbnail of Bab 1]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png) PDF (Bab 1)
            
              
PDF (Bab 1)
BAB_1.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (170kB)
![Bab 2 [thumbnail of Bab 2]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png) PDF (Bab 2)
            
              
PDF (Bab 2)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (329kB)
![Bab 3 [thumbnail of Bab 3]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png) PDF (Bab 3)
            
              
PDF (Bab 3)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (383kB)
![Bab 4 [thumbnail of Bab 4]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png) PDF (Bab 4)
            
              
PDF (Bab 4)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (296kB)
![Bab 5 [thumbnail of Bab 5]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB_5.pdf
Download (85kB)
![Lampiran [thumbnail of Lampiran]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png) PDF (Lampiran)
            
              
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  siswa  melalui 
model pembelajaran kooperatif dengan metode Course Review Horay  pada materi 
kubus  dan  balok  kelas  VIII  SMP  Kemala  Bhayangkari  9  Waru  Sidoarjo.  Jenis 
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap 
siklus  terdapat  empat  tahap  yaitu  perencanaan,  pelaksanaan,  observasi,  dan 
refleksi.  Instrumen  yang  digunakan  adalah  lembar  observasi  aktifitas  siswa, 
evaluasi akhir siklus dan angket respon siswa. 
Hasil  penelitian  ini  mengungkapkan  bahwa  penerapan  model  pembelajaran 
kooperatif dengan metode Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar 
siswa. Hal ini terlihat dari meningkatnya hasil belajar siswa dengan  nilai rata-rata
pada  siklus  I  sebesar  73,17  meningkat  pada  siklus  II  menjadi  77,60.  Kemudian 
terlihat dari peningkatan rata-rata persentase observasi aktifitas siswa pada siklus I
sebesar  54,49%  dengan  kategori  cukup  baik  meningkat  menjadi  66,89%  pada 
siklus II  dengan kategori baik. Serta meningkatnya persentase hasil angket respon 
siswa  terhadap  metode  Course  Review  Horay  dari  sebesar  78%  pada  siklus  I 
menjadi 84% siklus II.
Dari  hasil  penelitian  ini  dapat  disimpulkan  bahwa  model  pembelajaran 
kooperatif  dengan    metode  Course  Review  Horay  dapat  meningkatkan  aktifitas 
siswa  dan  hasil  belajar  siswa,  serta  memberikan  respon  positif  terhadap 
pembelajaran matematika.
Kata  kunci  :  Hasil  Belajar,  Model  Pembelajaran  Kooperatif,  Metode  Course 
Review Horay.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics | 
| Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika | 
| Depositing User: | Users 320 not found. | 
| Date Deposited: | 24 Nov 2017 07:23 | 
| Last Modified: | 24 Nov 2017 07:23 | 
| URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1410 | 
