UMSurabaya Repository

ANALISA KEKUATAN KONSTRUKSI ANTARA CORRUGATED WATERTIGHT BULKHEAD DENGAN TRANSVERSE PLANE WATERTIGHT BULKHEAD PADA BLOCK BO2 KAPAL 11179 GT DENGAN FEM (Finite Element Methode)

Sonia Pratiwi, Vivi and Dedy Wahyudi, ST., MT and Teguh Putra, ST., MT. (2017) ANALISA KEKUATAN KONSTRUKSI ANTARA CORRUGATED WATERTIGHT BULKHEAD DENGAN TRANSVERSE PLANE WATERTIGHT BULKHEAD PADA BLOCK BO2 KAPAL 11179 GT DENGAN FEM (Finite Element Methode). Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (264Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (432Kb)
      [img] PDF (Bab 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (846Kb)
        [img] PDF (Bab 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (435Kb)
          [img] PDF (Bab 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (1759Kb)
            [img] PDF (bab 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (540Kb)
              [img] PDF (Lampiran)
              Restricted to Repository staff only

              Download (2631Kb)

                Abstract

                Proses Pembangunan Kapal tentu sangat erat kaitannya dengan pemilihan desain dan material guna menunjang suatu konstruksi yang kuat dan kokoh untuk mendapatkan berat yang seringan mungkin. Salah satunya adalah pemilihan sekat melintang kedap air (transverse plane watertight bulkhead) yang mempunyai fungsi utama menambah kekuatan melintang kapal. Namun, beberapa tahun belakangan sudah banyak kapal menggunakan konstruksi corrugated watertight bulkhead. Analisa dilakukan untuk membandingkan kekuatan konstruksi antara corrugated watertight bulkhead dan transverse plane watertight bulkhead. Langkah awal yang dilakukan yaitu pemodelan konstruksi masing-masing sekat, Kemudian dilakukan analisa kekuatan konstruksi kedua sekat tersebut dengan Metode Elemen Hingga. Hasil dari simulasi pengujian diketahui tegangan terbesar untuk konstruksi sekat Transverse Plane Watertight Bulkhead senilai 6.50159 N/mm2, displacement sebesar 9.11691 mm, regangan 0.0000223057 dan berat konstruksi sebesar 6.8ton sedangkan konstruksi sekat Corrugated Watertight Bulkhead senilai 4.41996 N/mm2, displacement sebesar 5.75403 mm, regangan 0.0000197857 dan berat konstruksi sebesar 6.9ton. Konstruksi Corrugated watertight bulkhead dibandingkan dengan transverse plane watertight bulkhead dari segi kekuatan konstruksi lebih kuat yang terlihat dari modulusnya yang besar sehingga memiliki tegangan, regangan dan kemungkinan terjadinya deformasi lebih kecil. Kata Kunci : Transverse Plane Watertight Bulkhead , Corrugated Watertight Bulkhead, FEM, tegangan, regangan, displacement.

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: T Technology > T Technology (General)
                Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
                Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
                Depositing User: Users 322 not found.
                Date Deposited: 24 Nov 2017 15:03
                Last Modified: 24 Nov 2017 15:03
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1421

                Actions (login required)

                View Item