UMSurabaya Repository

MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V-A SD MUHAMMADIYAH 21 SURABAYA

Sundari, Fitri Dewi and Drs. Yarno, M.Pd and R.Panji Hermoyo, S.Sos., M.Pd (2016) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V-A SD MUHAMMADIYAH 21 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (300Kb) | Preview
    [img] PDF (BAB 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (64Kb)
      [img] PDF (BAB 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (151Kb)
        [img] PDF (BAB 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (994Kb)
          [img] PDF (BAB 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (278Kb)
            [img] PDF (BAB 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (9Kb)
              [img] PDF (LAMPIRAN)
              Restricted to Repository staff only

              Download (477Kb)

                Abstract

                Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatakan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas V-A SD Muhammadiyah 21 Surabaya. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas V-A SD Muhammadiyah 21 Surabaya. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini berupa kerjasama antara peneliti dengan guru kelas. Sumber data yang digunakan adalah informasi data dari nara sumber yaitu guru kelas V, arsip nilai ualngan harian siswa, hasil pengamatan proses pembelajaran dengan menggunakan media audio visul, dan informasi lain tentang sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis deskriftif interaktif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian, menulis karangan deskripsi dengan kriteriak ketuntasan minimal (KKM)75,00 diperoleh nilai rata-rata hasil tes pada siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 72,70 dengan ketuntasan 50,00% pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 83,90 dengan ketuntasan 90,00%. Dapat disimpulkan bahwa pengunaan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas V-A SD Muhammadiyah 21 Surabaya. Kata Kunci : Deskripsi, Hasil belajar, Media audio visual.

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
                Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
                Depositing User: b b putri
                Date Deposited: 24 Nov 2017 16:35
                Last Modified: 24 Nov 2017 16:35
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1440

                Actions (login required)

                View Item