UMSurabaya Repository

PERAN GURU TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DI KELOMPOK A TK PKK KALIJUDAN SURABAYA

Roekmanasari, Maya and Ratno Abidin, S.Pd., M.Pd. and Wardah Suweleh, S.Pd, M.Pd (2017) PERAN GURU TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DI KELOMPOK A TK PKK KALIJUDAN SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (66kB) | Preview
[img] PDF (BAB 1)
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (BAB 2)
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] PDF (BAB 3)
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)

Abstract

Guru mempunyai peran kunci dan dominan dalam kegiatan proses belajar mengajar dikatakan demikian karena perwujudan kelas yang menyenangkan dan kondusif untuk aktifitas belajar anak merupakan hasil dari kegiatan mengajar yang dilakukan guru berdasarkan pemahaman professional yang dimilikinya. Guru mempunyai kewajiban kepada anak mulai dari menyusun program pembelajaran, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasinya. Semua hal ini ditujukan untuk membantu perkembangan anak secara optimal. Guru sebagai orang dewasa yang diharapkanmampumembantuperkembangananak, harus memiliki pengetahuan, kemampuan dan pemahaman yang tepat tentang tugas dan kewajibannya. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan survei, penelitian deskriptif ini dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri baik satu variabel atau lebih (independent) tanpa membuat perbandingan, atau menghubungkan antara variabel satu dengan variabel yang lain. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif karena melalui metode ini peneliti ingin memaparkan peran guru dalam perkembangan motorik halus yang ada di TK PKK Kalijudan Surabaya secara menyeluruh, luas dan mendalam, baik kegiatan guru mengajar, anak belajar dan metode yang digunakan, serta kegiatan-kegiatan lain yang masih berhubungan dengan kegiatan pembelajaran dalam mengembangkan motorik halus pada anak usia 5-6 tahun di PKK Kalijudan Surabaya. Peran guru dalam mengembangkan motorik halus kelompok A di TK PKK Kalijudan Surabaya lebih ditekankan pada peran guru sebagai demonstrator, fasilitator, danpengajar. Kemampuan guru dalam menjelaskan perannya cukup baik, karena dilihat masih ada guru yang tidak memfasilitasi keadaan anak didalam kelas. Hambatan guru dalam usaha yang dilakukan dalam mengatasi kendala dalam pengembangan motorik halus anak usia dini kelompok A di TK PKK Kalijudan Surabaya ditinjau dari segi mengenali motorik halus membantu mengenali motorik halus mengajarkan memahami perasaan yang dialami, mengajak anak mendiskusikan berbagai motorik halus yang dirasakan, dari segi kemampuan mengelola dan mengekspresikan motorik halus secara tepat. Kata kunci : peran guru, perkembangan, motorik.halus

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: b b putri
Date Deposited: 26 Nov 2017 14:52
Last Modified: 26 Nov 2017 14:52
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1473

Actions (login required)

View Item View Item