UMSurabaya Repository

PENGARUH METODE MUROJA’AH TERHADAP HAFALAN AL-QUR’AN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK RAUDHATUL AZIZAH TAHUN AJARAN 2016-2017

Fitrih, Dienul and Ratno Abidin, S.Pd., M.Pd. and Wardah Suweleh, S.Pd, M.Pd (2017) PENGARUH METODE MUROJA’AH TERHADAP HAFALAN AL-QUR’AN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK RAUDHATUL AZIZAH TAHUN AJARAN 2016-2017. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (440Kb) | Preview
    [img] PDF (BAB 1)
    Restricted to Repository staff only

    Download (231Kb)
      [img] PDF (BAB 2)
      Restricted to Repository staff only

      Download (285Kb)
        [img] PDF (BAB 3)
        Restricted to Repository staff only

        Download (231Kb)
          [img] PDF (BAB 4)
          Restricted to Repository staff only

          Download (767Kb)
            [img] PDF (BAB 5)
            Restricted to Repository staff only

            Download (154Kb)
              [img] PDF (LAMPIRAN)
              Restricted to Repository staff only

              Download (2195Kb)

                Abstract

                Muraja’ah atau takrir adalah mengulang – ulang hafalan. Kegiatan atau metode muroja’ah merupakan metode mengulang atau muroja’ah sambil menghafal. Rumusan masalah dalam penellitian ini adalah pengaruh metode muroja’ah terhadap hafalan Al-qur’an pada anak usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Raudhatul Azizah tahun ajaran 2016/2017. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan metode muroja’ah dan pengaruhnya terhadap hafalan Al-qur’an bagi anak usia 5-6 Tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dan tehnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan mereduksi data. Subjek data dalam penelitian ini adalah Taman Kanak-Kanak Raudhatul Azizah. Objek penelitiannya adalah pengaruh metode muroja’ah yang digunakan dalam menghafal Al-quran pada anak usia 5-6 Tahun. Hasil penelitian menunjukkan dari hasil penelitian terdapat 12 anak yang sudah bisa menghafal dengan baik dan 3 anak yang masih memerlukan bantuan yang mana peneliti dapat menyimpulkan bahwa penerapan metode muroja’ah bekerja efektif dan sangat berpengaruh terhadap hafalan Al-qur’an pada anak usia 5-6 tahun. Kata kunci : hafalan Al-qur’an, metode muroja’ah

                Item Type: Thesis (Other)
                Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
                L Education > L Education (General)
                Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
                Depositing User: b b putri
                Date Deposited: 27 Nov 2017 07:58
                Last Modified: 27 Nov 2017 07:58
                URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1522

                Actions (login required)

                View Item