UMSurabaya Repository

PENGARUH METODE MUROJA’AH TERHADAP HAFALAN AL-QUR’AN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK RAUDHATUL AZIZAH TAHUN AJARAN 2016-2017

Fitrih, Dienul and Ratno Abidin, S.Pd., M.Pd. and Wardah Suweleh, S.Pd, M.Pd (2017) PENGARUH METODE MUROJA’AH TERHADAP HAFALAN AL-QUR’AN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK RAUDHATUL AZIZAH TAHUN AJARAN 2016-2017. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (450kB) | Preview
[img] PDF (BAB 1)
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] PDF (BAB 2)
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] PDF (BAB 3)
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only

Download (786kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Muraja’ah atau takrir adalah mengulang – ulang hafalan. Kegiatan atau metode muroja’ah merupakan metode mengulang atau muroja’ah sambil menghafal. Rumusan masalah dalam penellitian ini adalah pengaruh metode muroja’ah terhadap hafalan Al-qur’an pada anak usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Raudhatul Azizah tahun ajaran 2016/2017. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan metode muroja’ah dan pengaruhnya terhadap hafalan Al-qur’an bagi anak usia 5-6 Tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dan tehnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan mereduksi data. Subjek data dalam penelitian ini adalah Taman Kanak-Kanak Raudhatul Azizah. Objek penelitiannya adalah pengaruh metode muroja’ah yang digunakan dalam menghafal Al-quran pada anak usia 5-6 Tahun. Hasil penelitian menunjukkan dari hasil penelitian terdapat 12 anak yang sudah bisa menghafal dengan baik dan 3 anak yang masih memerlukan bantuan yang mana peneliti dapat menyimpulkan bahwa penerapan metode muroja’ah bekerja efektif dan sangat berpengaruh terhadap hafalan Al-qur’an pada anak usia 5-6 tahun. Kata kunci : hafalan Al-qur’an, metode muroja’ah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: b b putri
Date Deposited: 27 Nov 2017 07:58
Last Modified: 27 Nov 2017 07:58
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1522

Actions (login required)

View Item View Item